-->

Kodim Kutai Kartanegara Siapkan 101 Calon Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat




KUTAI KARTANEGARA -  Komcad diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional. Dijelaskan bahwa Komcad sebagai bagian sumber daya nasional perlu disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama.

Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara juga menjelaskan pertahanan negara Indonesia diselenggarakan melalui Sistem Pertahanan Semesta. Dalam sistem tersebut, melibatkan seluruh warga negara, wilayah serta segenap sumber daya nasional yang dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terarah dan berlanjut.
    
Ini yang dilakukan Kodim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr) telah menyiapkan 101 orang calon komponen cadangan (Komcad) matra darat dan sekaligus memberikan pengarahan kepada para Calon Komcad di wilayah Kodim 0906/Kkr.

Dalam pengarahanya Dandim 0906/Kkr Letkol Inf Jeffry Satria mengatakan konsep bela negara melalui Komcad ini dimaksudkan untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama dalam menghadapi ancaman militer. Selain itu komponen cadangan juga  bertujuan untuk membentuk karakter pemuda/pemudi untuk disiplin dan cinta tanah air. Senin (9/5/2022).

 “Apapun latar belakang nya, masyarakat Indonesia wajib membela negaranya kalau negara membutuhkan.,” tegasnya.

Untuk para calon masih ada waktu sebelum seleksi, manfaatkan waktu sebaik mungkin siapkan diri baik dari fisik maupun kesehatan kalian, isi waktu kalian dengan berolahraga, jaga faktor keamanan dalam setiap kegiatan sehari-hari sebelum mengikuti seleksi. Jangan sia-siakan kesempatan ini, saya berharap dalam seleksi nanti kalian bisa diterima semua,” katanya.

Dandim menjelaskan, calon peserta Komcad akan menjalani beberapa rangkaian tes dan yang memenuhi syarat nantinya akan mengikuti pelatihan oleh karena itu persiapkan diri masing-masing dari pelaksanaan tes sampai dengan dinyatakan memenuhi syarat dan menjalani pelatihan.

“Saya berharap calon peserta Komcad yang dikirim Kodim 0906/Kutai kartanegara semuanya memenuhi syarat oleh karena itu ikuti tes ini dengan semangat dan jangan lupa untuk selalu berdo’a”, sebut Dandim.

Sumber Dim 0906/Kkr

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kodim Kutai Kartanegara Siapkan 101 Calon Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel