-->

Membentuk Moral Dan Karakter Generasi Penerus Bangsa, Kodim 0913/PPU Beri Wasbang Kepada Anak Sekolah



PENAJAM – Dalam rangka membentuk masyarakat  yang berkarakter  dan berwawasan Kebangsaan , Satuan Kewilayahan Kodim 0913/Penajam Paser Utara (PPU), Korem 091/ASN yang berada di bawah naungan Kodam VI/Mulawarman melaksanakan kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan TW III  TA. 2021 yang bertempat di Sanggar Pramuka Kodim 0913/PPU Jln. Provinsi Km. 09 Kel. Nipah-nipah Kec. Penajam Kab. PPU. Kamis  (16/09/2021).

Kegiatan kali ini dengan  mengambil tema “Mewujudkan Binter TNI AD Yang Adaptif Melalui Kegiatan Pembinaan  Wawasan  Kebangsaa ,” yang di hadiri oleh Dandim 0913/PPU Letkol Inf Dharmawan Setyo Nugroho S.I.P,Plh Pasiter Dim 0913/PPU Kapten Inf Martono, Danramil Waru Kapten Inf Imam Safi'I, Pasilog Dim 0913/PPU Kapten Inf Slamet Pamuji, Para Guru Pendamping dan Peserta Pembinaan Pengawasan Kebangsaan.

Dalam arahannya Dandim 0913/PPU Letkol Inf Dharmawan Setyo Nugroho SIP  menyampaikan,” Wawasan kebangsaan harus dipahami sejak dini, karena untuk menanamkan ideologi kebangsaan yang kuat dan rasa cinta tanah air serta mengetahui dasar negara Indonesia yaitu Pancasila.

Dandim Berharap dengan pemberian materi wawasan kebangsaan kepada Siswa-Siswi SMA/SMK Kab. PPU yang sebentar lagi akan menjadi IKN  (Ibu Kota Negara) sebagai calon generasi penerus bangsa ini, mampu menciptakan generasi muda yang tangguh dan setia untuk mempertahankan NKRI yang kita cintai bersama ini.

“ Adapun Nilai Dasar Bela Negara yang harus adik-adik pahami antara lain, Cinta tanah air Indonesia,Sadar berbangsa dan bernegara, Setia kepada Pancasila sebagai Ideologi negara, Rela berkorban untuk Bangsa dan Negara dan Kemampuan awal Bela Negara,”tegas Dharmawan.

Wawasan Kebangsaan atau Bela Negara tidak harus menjadi Tentara atau Polisi,dan untuk Belanegara jaman pandemic sekarang adalah salah satunya menggunakan masker .

Menanggapai perkembangan jaman sekarang ini tentang medsos, Dandim berpesan ,”Agar lebih hati-hati dalam pengunaan medsos permasalahannya adalah bukan kenapa dan bagaimana menggunakan medsos tetapi bagaimana memanfaatkan media sosial dengan tepat ,bijak dan pada tempatnya,” Ujar Dharmawan.

Kita memotivasi generasi muda dimulai dari para pelajar untuk belajar pengetahuan tentang Pancasila, bagaimana hidup Berbhineka Tunggal Ika dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila serta Wawasan Kebangsaan dan Belanegara.

“Ketahanan lingkungan,ketahanan wilayah akan menciptakan ketahanan Nasional yang kuat, KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI DAN KALAU BUKA SEKARANG KAPAN LAGI ,” tutupnya. 

Sumber Dim 0913/PPU

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Membentuk Moral Dan Karakter Generasi Penerus Bangsa, Kodim 0913/PPU Beri Wasbang Kepada Anak Sekolah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel