-->

Wujudkan Herd Immunity Para Nelayan Di Kalsel, TNI AL Lanal Banjarmasin Kembali Gelar Servak Covid-19




TNI AL.Koarmada II. Surabaya, 23 Agustus 2021

Meningkatnya angka penyebaran Wabah Covid-19 di elemen masyarakat Kalimantan Selatan, membuat TNI AL melalui Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin jajaran Koarmada II kembali melaksanakan Serbuan Vaksinasi (Servak) Covid-19, bertempat di Dermaga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Banjar Raya Kec. Banjarmasin Barat, Minggu (22/08/21).

Sebanyak 9 kapal nelayan beserta pengawaknya yang baru datang dan bersandar di Dermaga TPI jadi sasaran. Selanjutnya dengan Prokes ketat ,9 Nakes (Vaksinator) Lanal Banjarmasin melaksanakan Servak di dua tempat yaitu di Area Dermaga dan di atas kapal nelayan. Warga yang belum pernah divaksin sama sekali, dan para nelayan yang berhari-hari mencari ikan di laut menjadi prioritas utama.

Dari pendaftar sebanyak 96 orang, semuanya berhasil divaksinasi dengan aman dan sehat menggunakan Vaksin jenis Sinovac, dari total keseluruhan Servak Covid-19 yang digelar oleh Lanal Banjarmasin, sampai dengan saat ini sudah berhasil melakukan Servak secara massal terhadap warga Pesisir Kalimantan Selatan sebanyak 9.267 orang (930 Vial).

Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko mengungkapkan bahwa hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya Lanal Banjarmasin dalam percepatan pemerataan suntikan vaksin di wilayah pesisir Kalsel. Dengan demikian mereka tidak perlu susah payah mendatangi Rumah Sakit ataupun Puskesmas untuk mendapatkan vaksinasi.

“Diharapkan dengan vaksinasi ini dapat mewujudkan Herd Immunity (Kekebalan Kelompok) para nelayan, sehingga tetap bisa mencari ikan di laut. Karena produktivitas nelayan di Sektor Kelautan dan Perikanan dapat membantu menopang ketahanan pangan serta percepatan pertumbuhan ekonomi nasional di musim Pandemi ini, “ ujar Herbiyantoko.

Ia pun menambahkan kegiatan Servak Covid-19 terhadap para nelayan ini juga sebagai upaya membantu mensukseskan program Pemerintah untuk pencegahan penyebaran Wabah Covid-19. “ Hal ini merupakan instruksi Pangkoarmada II Laksda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P, M.Tr.(Han)  yang  menindaklanjuti perintah dari Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.,  agar jajaran TNI AL terus  berperan aktif menggencarkan vaksinasi bagi masyarakat maritim khususnya nelayan menuju Indonesia sehat dan bebas Covid-19, “ pungkas Herbiyantoko.

(Pen2)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Wujudkan Herd Immunity Para Nelayan Di Kalsel, TNI AL Lanal Banjarmasin Kembali Gelar Servak Covid-19"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel