-->

Tracer Covid-19 Tiga Pilar Bojonegoro Lakukan Penguatan 3T




BOJONEGORO, -    Dalam rangka percepatan penanganan coronavirus disease 2019 atau covid-19, khususnya diwilayah Kabupaten Bojonegoro, Tiga Pilar yang terdiri dari Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Tenaga Kesehatan (Nakes), melaksanakan penguatan 3T (Testing, Tracing dan Treatment), bertempat di masing-masing Puskesmas se- Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Inf Bambang Hariyanto, menyampaikan bahwa kegiatan dilaksanakan sebagai upaya untuk menyiapkan para Babinsa jajarannya untuk terus bergerak bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Polres Bojonegoro untuk menjadi tracer covid-19.

Beberapa materi dilatihkan yang diantaranya konsep dasar pelacakan kontak, isolasi dan karantina, alur koordinasi pelacakan kontak, Aplikasi Silacak dan InaRisk serta pencatatan dan pelaporan tracing. Hal tersebut, dilakukan lebih dini dalam menemukan kasus serta melakukan antisipasi secara cepat dan tepat.

"Tracing ini dilakukan sebagai upaya untuk mengidentifikasi terhadap orang-orang yang melakukan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif covid-19 guna mencegah penularan selanjutnya," ungkapnya, Senin (9/8/2021).

Tracing tersebut sangat penting dilakukan baik itu secara digital maupun manual, karena kasus konfirmasi dapat menularkan penyakit sejak dua hari, sebelum hingga 14 hari sesudah timbulnya gejala. Sehingga, Tracing ini menjadi kunci utama dalam rangka memutus rantai sebaran virus corona.

"Salah satu langkah dalam percepatan penanganan covid-19 ini adalah dengan penguatan 3T yaitu Testing, Tracing dan Treatment," tambah Dandim.

Lebih lanjut, disampaikan bahwa peran aktif dan dukungan masyarakat dengan mempertimbangkan kondisi kewilayahan, sosial dan budaya, dukungan logistik, pelatihan dan supervisi, serta sistem manajemen data pelacakan kontak merupakan elemen utama pada pelaksanaan tracing ini.

"Sehingga, peran aktif dari masyarakat diperlukan untuk memastikan tidak adanya stigma negatif terhadap orang-orang yang masuk kategori kontak erat. Komunikasi sosial, dan edukasi yang baik dapat mempermudah pelacakan kontak," pungkas Letkol Inf Bambang Hariyanto.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tracer Covid-19 Tiga Pilar Bojonegoro Lakukan Penguatan 3T"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel