-->

TNI AL Ubah Gedung Sekesal Kodiklatal menjadi Gedung Penanganan Pasien Covid-19




Surabaya, 19 Agustus 2021.

Usai sudah proses perbaikan Gedung Sekolah Kesehatan TNI AL (Sekesal) yang berada di Kompleks RSPAL dr. Ramelan Surabaya. Gedung yang terdiri dari dua lantai tersebut, dialihfungsikan menjadi tempat penanganan pasien Covid-19, baik yang memerlukan perawatan medis maupun yang hanya sekedar menjalani isolasi.

Sementara itu, untuk kegiatan belajar siswa Sekesal masih dilaksanakan secara online dan apabila perlu dilaksanakan tatap muka atau praktikum dilaksanakan di Pusat Pendidikan Kesahatan (Pusdikkes) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) yang berlokasi di Bumimoro, Surabaya.

Dengan alih fungsi gedung tersebut diharapkan menjadi salah satu tempat rujukan perawatan pasien Covid-19 akibat meningkatnya jumlah pasien Covid-19. Gedung Sekesal Surabaya terdiri dari dua lantai dan memiliki luas 3.200 meter persegi. Renovasi yang dilakukan terkait penyiapan 800 tempat tidur yang dilengkapi dengan berbagai sarana pendukung seperti kamar mandi, WC, ruang tenaga kesehatan, tempat berjemur, Wifi, ruangan bertekanan negatif, dan ambulans.

Penyiapan Gedung Sekesal Surabaya ini sesuai dengan perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan di masa Pandemi Covid-19 yaitu dengan menjadikan Sekesal sebagai tempat perawatan bagi pasien Covid-19 di Surabaya.

Penyiapan Gedung Sekesal yang terletak di sisi utara Gedung Penanganan Infeksi Terpadu (Pinter) tersebut dilaksanakan secara bersama-sama dengan RSPAL Dr. Ramelan. Dalam waktu dekat ini, akan diresmikan oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Penyiapan Sekesal ini cukup penting dalam rangka penanganan Covid-19 karena jumlah masyarakat yang terpapar virus Corona masih tinggi, yaitu sekitar 15.000 perhari. Namun demikian, angka kesembuhan juga cukup tinggi yaitu sekitar 3.500 orang.

RSPAL dr. Ramelan merupakan rumah sakit rujukan utama untuk satuan-satuan TNI di Wilayah Indonesia Timur untuk semua kasus kesehatan. RSPAL dr. Ramelan mempersiapkan langkah-langkah strategis untuk menjamin pelayanan kesehatan setelah ditunjuk sebagai salah satu rumah sakit rujukan penangan Covid-19.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "TNI AL Ubah Gedung Sekesal Kodiklatal menjadi Gedung Penanganan Pasien Covid-19"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel