-->

TNI AL , LANAL DENPASAR GENCARKAN DONOR PLASMA KONVALESEN DAN DONOR DARAH UNTUK UPAYA MENDUKUNG KESELAMATAN PASIEN COVID-19



Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Denpasar melaksanakan kegiatan Donor Darah dan Donor Plasma Konvalesen di Mako Lanal Denpasar, kegiatan donor tersebut bekerja sama dengan UDD PMI Prov Bali. Kegiatan yang dielenggarakan secara serentak oleh seluruh Kotama dan Satuan TNI AL baik di Pusat maupun di Daerah tersebut dengan mengambil tema "Memberikan darah, Memberikan Kehidupan". Pelaksanaan Donor darah tersebut berlangsung di Gedung Serbaguna IGP. Dwinda Mako Lanal Denpasar Jalan Raya Sesetan 331 Denpasar Bali, Kamis (12/8/2021). 

Kegiatan tersebut, salah satu upaya untuk menyelamatkan nyawa pasien Covid-19 dengan melaksanakan cara terapi plasma konvalesen. Dan telah terbukti dengan memberikan donor plasma konvalesen kepada pasien Covid-19, dapat mempercepat proses penyembuhan hingga pasien tersebut sembuh. 

Menurut Kepala Balai Kesehatan (Ka. BK) Lanal Denpasar, Donor plasma konvalesen merupakan metode pengambilan darah plasma dari penyintas Covid-19 yang dapat diberikan sebagai terapi untuk pasien Covid-19 yang sedang menjalani perawatan, adapun syarat menjadi donor plasma konvalesen sudah sembuh dari Covid-19 dan bebas gejala selama 14 hari setelah sembuh dan memperlihatkan hasil RT PCR Negative sedangkan donor darah juga merupakan kegiatan sosial yang akan disumbangkan dan akan sangat berarti bagi sesama yang membutuhkan karena dalam menjalani kehidupan kita harus saling membantu dan tolong menolong antar sesama.

Hal ini membuat TNI AL untuk bergerak dan mendukung pemerintah untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi pasien Covid-19 yang pada akhirnya dapat mempercepat penanganan Covid-19 di Indonesia. Seperti yang dilaksanakan oleh TNI AL dengan menggelar pelaksanaan Donor Darah dan Donor Plasma Konvaselen secara terpusat yang di gelar di Mako Armada II dihadiri oleh Ketua Umum PMI, Dr. Drs. H.M.Yusuf Kalla didampingi Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M dengan melaksanakan kegiatan Video Converence dengan jajaran Koarmada II.

Komandan Pangkalan TNI AL Denpasar (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P. yang didampingi oleh Ketua Cabang 10 Korcab V Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Citra I Komang Teguh Ardana, yang menghadiri kegiatan donor plasma di Mako Lanal Denpasar, menjelaskan untuk peserta yang hadir melaksanakan donor plasma sebanyak 10 orang, dan yang bisa melaksanakan donor Plasma Konvalesen sebanyak 7 orang, dengan keterangan diambil secara Apheresis 5 orang dan secara Leucodepleted 2 orang. Kemudian untuk Donor Darah biasa hadir 20 orang dengan keterangan 10 orang dapat melaksanakan donor dan 10 orang tidak bisa melakaanakan donor dikarenakan alasan medis.  

Danlanal juga menekankan pentingnya 3T (testing, tracing, treatment). Dengan melaksanakan kebijakan Presiden yang lebih mengedepankan pendekatan mikroskopik, terutama 3T, dalam upaya penanganan Covid-19 sehingga dapat tertangani dan semakin baik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "TNI AL , LANAL DENPASAR GENCARKAN DONOR PLASMA KONVALESEN DAN DONOR DARAH UNTUK UPAYA MENDUKUNG KESELAMATAN PASIEN COVID-19"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel