-->

TNI AL, KRI Tarakan-905 Dukung Serbuan Vaksinasi dan Bakti Sosial di Kepulauan Mapia





Kapal Perang Republik Indonesia, KRI Tarakan-905 dari Satuan Kapal Bantu Koarmada III melaksanakan operasi keamanan laut sehari-hari di wilayah timur Indonesia. Dalam operasi tersebut, Kapal Perang yang dikomandani Letkol Laut (P) Cokorda GPP, S.H., M.Sc., M.Tr. Hanla., juga mendukung serbuan vaksinasi dan bakti sosial di Pulau Bras, Kepulauan Mapia, Provinsi Papua, yang diselenggarakan Lanal Biak bersinergi Korem 173/PVB, Minggu (08/08/2021).

Pada serbuan vaksinasi dan bakti sosial tersebut, Komandan Korem 173/PVB Brigjen TNI Iwan Setiawan, S.E., M.M., dan Komandan Lanal Biak Letkol Marinir Karlos R. Deda., M.Tr.Hanla on board KRI Tarakan-905 dalam rangka meninjau Pulau Bras. Kegiatan tersebut selain dalam rangka pergantian Satgas Pengamanan Pulau Terluar, Komandan Korem 173/PVB, Komandan Lanal Biak beserta pejabat Pemerintah Kabupaten Supiori menuju Pulau Bras guna melaksanakan bakti sosial serta serbuan vaksinasi kepada masyarakat menjelang HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pulau Bras merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudra Pasifik dan berbatasan dengan negara Palau. Pulau Bras merupakan wilayah administrasi Desa Mapia, Distrik Supiori Barat, Kabupaten Supiori, Provinsi Papua. Pulau Bras berada di sebelah Barat Laut Kabupaten Biak Numfor dengan koordinat 0° 55′57″ LU, 134° 20′30″ dan berjarak 285 km, dapat ditempuh melalui jalur laut menggunakan kapal dengan waktu tempuh -+ 25 jam dari Kota Biak. 

Jarak antara Pulau Bras dengan Pulau Babelthuap (Republik Palau) adalah sejauh 390 mil. Gugusan Kepulauan Mapia terdiri dari lima buah pulau, yaitu Mapia atau Pegun, Bras atau Berasi, Bras Kecil, Fanildo atau Faniroto dan Fanildo Kecil. Dalam konteks NKRI, kawasan pulau-pulau kecil terluar merupakan wujud pertahanan dan keamanan negara, yang mampu berkontribusi bagi pendapatan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga perlu dijaga, dikelola dan dilestarikan. 

Wilayah gugusan pulau ini dijaga Satuan TNI yang memiliki pos di Pulau Mapia terdiri dari Satgas Pengamanan Pulau terluar Korem 173/PVB, Pasukan Marinir 3 Sorong, dan POS TNI AL Mapia (Lanal Biak).

Menurut Komandan Lanal Biak, kondisi yang tengah dirasakan saat pandemi Covid 19 ini juga berdampak dengan keadaan masyarakat yang berada di Pulau Bras. Dengan demikian, Korem 173/PVB, Lanal Biak dan Pemerintah Kabupaten Supiori melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 dan bakti sosial.

“Masyarakat yang berdomisili di Pulau terluar seperti Pulau Bras merasakan kehadiran TNI di tengah-tengah mereka. Selain menjaga keamanan, TNI juga peduli kesehatan dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "TNI AL, KRI Tarakan-905 Dukung Serbuan Vaksinasi dan Bakti Sosial di Kepulauan Mapia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel