-->

Selamat, 351 Taruna Akademi TNI Angkatan Laut Naik Pangkat dan Tingkat



AAL, Surabaya (15/7).
Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL), Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han) memimpin upacara kenaikan pangkat dan kenaikan tingkat (kenkat) 351 Taruna AAL Angkatan Ke-67, 68 dan 69 yang dilangsungkan di lapangan Aru, Kesatrian Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya, Kamis (15/7).

“Selamat atas kenaikan pangkat dan tingkat ini, ingat kenaikan tingkat dan pangkat ini adalah anugerah dan nikmat dari Tuhan Yang Maha Esa kepada hamba-Nya, oleh karena itu momen ini hendaknya disyukuri. Wujud syukur bukan hanya lisan saja, tetapi harus diimplementasikan dan ditampilkan dalam wujud belajar dan berlatih semakin giat dan bersemangat lagi selama menempuh pendidikan di AAL sampai lulus menjadi Letnan Dua,” terang Gubernur AAL.

Upacara kenaikan tingkat dan kenaikan pangkat yang ditandai dengan penyematan tanda pangkat Taruna (Cevron) oleh Gubernur AAL ini, dihadiri Wagub AAL, Laksamana Pertama TNI Rudhi Aviantara, S.E., M.Si., M.Tr (Han), Seklem AAL Laksamana Pertama TNI Syamsul Rizal, S.E., M.M., Pejabat Utama AAL, pelatih dan pengasuh dijajaran Resimen AAL lainnya.

Dari jumlah 351 Taruna tersebut, sebanyak 107 Taruna AAL Angkatan ke-67 (97 pria, 10 wanita) naik tingkat menjadi tingkat IV dengan menyandang pangkat Sersan Mayor Satu Taruna (Sermatutar), kemudian 112 Taruna AAL Angkatan ke-68 (100 pria dan 12 wanita), naik tingkat III dengan menyandang pangkat Sersan Mayor Dua Taruna (Sermadatar), sementara itu 132 Taruna AAL Angkatan ke-69 (122 pria dan 10 wanita), naik menjadi Tingkat II dengan menyandang pangkat Sersan Taruna (Sertar).
 
Pada upacara kali ini, Gubernur AAL juga memberikan anugerah tanda penghargaan Ati Tanggap, Tanggon Kosala dan Dira Trengginas kepada Taruna AAL angkatan ke-67, 68 dan 69 yang telah berhasil meraih prestasi terbaik pada aspek kepribadian, akademis dan jasmani serta kepada Taruna yang berhasil meraih prestasi terbaik pada tiga aspek tersebut dengan penghargaan Tri Sakti Wiratama.

Menurut Gubernur AAL, upacara kenaikan tingkat dan pangkat serta pemberian tanda penghargaan yang kita laksanakan hari ini merupakan wujud penghargaan dari pemimpin kepada para Taruna yang telah memenuhi standar persyaratan dalam bidang akademik, kesehatan, kesamaptaan jasmani, serta kepribadian, setelah melalui suatu proses penilaian dan pengamatan obyektif, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan melalui Sidang Dewan Akademik.

”Hal ini membuktikan bahwa para Taruna yang bersangkutan benar-benar rajin, tekun, memiliki semangat dan motivasi tinggi, serta disiplin dalam proses belajar dan berlatih, sehingga layak untuk naik satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya,” ungkapnya.

Untuk menjadi perwira Matra Laut dan sebagai calon pemimpin TNI masa depan, lanjut Gubernur AAL, para Taruna dituntut untuk memiliki kemampuan kepemimpinan (leadership skill) yang handal seiring dengan tuntutan zaman. 

”Ciri-ciri pemimpin yang baik adalah mereka yang profesional dibidangnya, bermoral, memahami dan melaksanakan 11 azas kepemimpinan, memiliki tingkat keimanan dan ketaqwaan yang tinggi serta berani, yang ditunjukkan dengan semangat nasionalisme dan patriotisme yang tinggi,” tegasnya. 

Alam –sapaan akrab Gubernur AAL ini- juga mengingatkan kepada anak asuhnya bahwa mereka juga dituntut untuk memiliki kemampuan dan skill yang lebih baik, lebih smart, visioner, ulet dan lebih peka dari bawahan, sehingga bawahan akan merasa terinspirasi, kagum, bangga, loyal dan hormat kepada pemimpinnya. 

”Semua bekal kepemimpinan tersebut kalian peroleh di AAL ini, sebuah institusi yang memang dipersiapkan oleh para pendahulu untuk mencetak pemimpin-pemimpin unggulan dari generasi ke generasi,” pungkasnya.

Kabagpen AAL,
Letkol Laut (KH) Rohman Arif, S.Sos.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Selamat, 351 Taruna Akademi TNI Angkatan Laut Naik Pangkat dan Tingkat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel