-->

TNI Ajarkan Warga Ilmu Pertanian di Perbatasan RI-PNG




KALI ASIN - Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Yonif 131/Brs Pos Kali Asin dibawah pimpinan letda Inf Daniel selaku Danpos, mengajarkan  bercocok tanam berbagai macam jenis sayuran dilahan kosong yang berada disekitar Pos perbatasan RI-PNG, Kampung Kibay Distrik Arso Timur Kab.Keerom Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Letkol Inf Muhammad Erfani S.H.,M.Tr(Han) dalam keterangan tertulisnya di Skouw Distrik Muara Tami Kota Jayapura. (30/06/2021)

Menurut Dansatgas disamping melaksanakan tugas pokoknya menjaga kedaulatan NKRI di perbatasan, Satgas juga mempunyai janggung jawab moral kepada masyarakat perbatasan. Tanggung jawab moral itu yakni melakukan pembinaan teritorial secara terbatas kepada warga sekitar perbatasan untuk mendukung tugas pokok pemerintah daerah.

Ditempat tepisah Danpos Kali Asin mengatakan masyarakat yang berada di wilayah perbatasan RI-PNG belum maksimal dalam memanfaatkan lahan tanah disekitar pos, karena keterbatasan pengetahuannya dalam bercocok tanam, maka kami yang berada di pos mengajak dan mengajarkan untuk berkebun bersama.

"Kebun yang kami tanam disekitar pos sudah dikenal masyarakat dengan sebutan kebun Braja Sakti dan sudah kami tanami sayur sayuran seperti kacang panjang, terong dan ketimun. Hasil pertanian kali ini kami nikmati bersama-sama dengan masyarakat sekitar Kp. Kibay", ujar Danpos.

Lebih lanjut dikatakan Kegiatan yang dilaksanakan mendapat respon yang sangat positif dari warga Kibay khususnya mama-mama yang hadir pada saat itu.

"Kami sangat senang dan antusias sekali diberikan ilmu pertanian dari anggota pos Kali Asin mengenai cara bercocok  tanam yang baik yang selama ini saya tidak mengerti dan kurang paham mengenai pertanian, semoga hasil pertanian kami  kedepan bisa memuaskan", ungkap Numbun (34) istri kepala kampung  Kibay.(Pen Yonif 131)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "TNI Ajarkan Warga Ilmu Pertanian di Perbatasan RI-PNG"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel