-->

Atasi Kelangkaan Stok Darah Jelang Idul Fitri 1442 H Kodiklatal Gelar Donor Darah




Kodiklatal Surabaya, 12 Mei 2021

Untuk mengatasi kekurangan stok darah di beberapa PMI menjelang Idul Fitri 1442 H, sekaligus kegiatan dalam rangkaian Hari Pendidikan TNI Angkatan Laut (Hardikal) Ke-75 tahun 2021, Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal) mengggelar donor darah yang dilaksanakan di Gedung Mulyadi Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, Rabu (12/5/2021).

Donor darah yang dipimpin langsung Komandan Pusat Pendidikan Kesehatan (Danpsudikkes) Kodikdukum Kolonel Laut (K) drg. Ketut Triwanto, Sp. Ort tersebut menggandeng beberapa Kantor PMI, seperti PMI Surabaya, PMI Sidoarjo, PMI Gresik, PMI Bangkalan, PMI Pasuruan dan PMI Mojokerto.

Danpusdikkes Kodikdukum Kolonel Laut (K) drg. Ketut Triwanto, Sp. Ort selaku Koordinator pelaksanaan Donor darah menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut perintah Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat yaitu Kodiklatal berbagi dengan melaksanakan donor untuk mengatasi kekurangan stok darah di beberapa PMI menjelang Idul Fitri 1442 H, sekaligus lanjutan kegiatan dalam rangkaian Hardikal Ke-75 tahun 2021.

Menurutnya dalam pelaksanaan donor darah Hardikal ke-75 Tahun 2021 yang dilaksanakan beberapa waktu lalu jumlah pendonor hanya sedikit, karena para prajurit antap dan siswa sebelumnya melaksanakan serbuan Vaksin Covid 19 yang merupakan program dari Pemerintah/Mabes TNI. Adapun dalam pelaksanaan donor ini panitia mentargetkan 1.000 pendonor.

Danpusdikkes juga menyampaikan bahwa kegiatan donor darah bertujuan untuk membantu masyarakat Jawa Timur yang membutuhkan  darah yang saat ini cadangan darahnya mulai menipis karena bersamaan bulan puasa dan datangnya hari Raya Idul Fitri. Selain itu sebagai bentuk kepedulian sosial dari prajurit Kodiklatal dalam mengantisipasi kekurangan stok darah di PMI pada masa Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama satu tahun lebih. 

Untuk menghindari penyebaran Virus Corona dalam pelaksanaan donor darah tersebut, panitia mengedepankan protokol kesehatan secara ketat. Petugas mengadakan pengecekan suhu tubuh dengan thermo gun terhadap seluruh peserta. Protokol lainya adalah wajib menggunakan masker, menjaga jarak antar personel serta mencuci tangan dengan sabun sebelum masuk ruangan. Sedangkan petugas PMI menggunakan APD secara lengkap.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Atasi Kelangkaan Stok Darah Jelang Idul Fitri 1442 H Kodiklatal Gelar Donor Darah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel