-->

Nuzulul Quran, Danrem 081/DSJ : Mari Bermuhasabah atau Introspeksi Diri




Korem 081/DSJ menggelar kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an dengan tema aktualisasikan nilai-nilai Puasa Ramadhan, Nuzulul Qur’an dan Idhul Fitri 1442 H/2021 M di tengah pandemi Covid-19 guna mewujudkan TNI AD yang kuat, solid, profesional dan dicintai rakyat.

Seiring dengan tema itu, Danrem 081/DSJ, Kolonel Inf Waris Ari Nugroho, S.E., M.Si. mengajak supaya peringatan Nuzulul Qur’an dapat dijadikan sebagai momentum untuk muhasabah atau ajang introspeksi diri. 

“Mari kita mengintrospeksi diri, amalan baik apa yang sudah kita lakukan sampai hari ini dan apakah kita sudah pantas disebut sebagai orang yang sholeh,” katanya di Masjid Jenderal Besar Makorem, Jl. Pahlawan No. 50 Kota Madiun, Kamis (29/4/2021).

Diungkapkannya, peringatan Nuzulul Qur’an mengandung banyak arti, di antaranya sebagai sarana untuk mengenang diturunkannya Al Qur’an dan bersyukur karena telah diturunkannya kitab suci bagi umat Islam tersebut.

Al Qur’an berisi tentang tuntunan dan tatanan hidup serta kehidupan yang mengisyaratkan manusia untuk memerangi kebodohan dan keterbelakangan. “Selain itu, Al Quran juga mengajarkan tentang ungkapan rasa cinta kasih dan pesan-pesan perdamaian,” ujarnya.

Sementara itu, KH. Ja’far Sodiq (Pengasuh Ponpes Al-Amin Ponorogo) dalam tausyiahnya mengatakan, Alquran merupakan petunjuk bagi umat manusia untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

“Dunia akan gelap jika tidak ada matahari, begitu pula manusia juga akan gelap gulita jika tidak ada cahaya yang berasal dari kitab suci Al Quran,” terangnya.

Dikatakannya, Hidup di dunia itu sebenarnya mudah, semua sudah tertera dalam Al Quran dan kita tinggal menjalankan dan mengamalkannya.

“Untuk itu, melalui peringatan Nuzulul Quran ini, marilah kita gembleng diri kita dengan perbanyak membaca dan mempelajari Al Quran, terlebih di dalam Bulan Suci Ramadhan seperti sekarang ini,” pesannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Nuzulul Quran, Danrem 081/DSJ : Mari Bermuhasabah atau Introspeksi Diri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel