-->

Karya Bakti TNI AL di Pulau Soop Bentuk Pemberdayaan Pulau Kecil Secara Komprehensif




Suasana Pulau Soop yang terletak di utara Selat Sele dan di lepas pantai barat laut Semenanjung Kepala Burung, wilayah Provinsi Papua Barat lebih ramai dari biasanya. Hal ini disebabkan karya bakti yang digelar TNI Angkatan Laut selama satu bulan terakhir, mencapai puncaknya yang ditandai pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, pembagian batuan kebutuhan pokok, pembagian gerobak usaha, dan buku pelajaran.

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., beserta Ketua Daerah Jalasenastri Ny. Dadi Hartanto meninjau puncak karya bakti prajurit TNI AL tersebut, Senin (12/4/2021). Puncak kegiatan ini  ditandai penandatanganan prasasti Karya Bakti TNI AL Tahun 2021 Koarmada III Pulau Soop yang merupakan “Kampung Bahari Nusantara” di Sorong

Pada kesempatan ini juga hadir Inspektur Koarmada III Laksma TNI Dr. Toto Dwijaya S., Koorsahli Koarmada III Laksma TNI Hendri Suprianto, Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Markos, S.E., Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi, Manager Unit Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Aries Purnomohadi, Kepala Kelurahan Pulau Soop Saban Ronsumbre, tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.  


Pangkoarmada III dan Ketua Daerah Jalasenastri mengawali peninjauannya ke lokasi bakti kesehatan di Puskesmas Pembantu Pulau Soop dengan berbincang-bincang ramah warga Pulau Soop yang sedang antri secara tertib untuk berobat. Pangkoarmada III juga memberikan vitamin kepada balita yang telah melaksanakan pemeriksaan kesehatan dikoordinir Kadiskes Koarmada III Letkol Laut (K) dr. Donny Susilawardana, Sp.Rad.

Hasil peninjauan bakti kesehatan tersebut, Pangkoarmada III memerintahkan Dinas Kesehatan Koarmada III dan Lantamal XIV Sorong agar membantu tenaga kesehatan terhadap Puskesmas Pulau Soop tersebut, minimal satu kali dalam satu minggu, sehingga warga yang umumnya nelayan dapat menikmati pelayanan kesehatan. 

Selanjutnya, Pangkoarmada III meninjau Rumah Pintar TNI AL yang dibangun untuk meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan serta minat baca putra putri masyarakat pesisir di Pulau Soop. Kemudian Pangkoarmada III meninjau fasilitas umum yang telah direnovasi antara lain bangunan Masjid dan bangunan Gereja, jalan raya kurang lebih satu km, dan logistik wilayah. Selama peninjauan, Pangkoarmada III beberapa fasilitas umum yang diperbaiki antara lain mencoba pompa sumur umum dan tandon airnya untuk warga.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud sinergitas, kepedulian dan peran serta TNI AL dalam mendukung pelaksanaan program percepatan pembangunan daerah serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di pulau-pulau kecil yang sulit dijangkau transportasi apapun. 

Karya bakti TNI AL sebagai salah satu bentuk kepedulian dan mendukung Pemerintah Daerah terhadap pengeloaan dan pemberdayaan pulau-pulau kecil secara komprehensif dan terpadu. Wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil memiliki keterkaitan fungsional yang erat antara daratan dan laut, ekosistem pesisir, pemanfaatan sumberdaya pesisir serta pulau-pulau kecil yang beragam.
Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Karya Bakti TNI AL di Pulau Soop Bentuk Pemberdayaan Pulau Kecil Secara Komprehensif "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel