-->

KRI Hasan Basri-382 Sambut Kapal Latih Angkatan Laut Spanyol “Juan Sebastian Elcano” Di Laut Sulawesi




TNI AL. Koarmada II, Surabaya 30 Maret 2021.

KRI Hasan Basri (HBS-382) yang di komandani oleh Letkol Laut (P) Hafidz menyambut kapal latih Angkatan Laut Spanyol Juan Sebastian Elcano ditengah-tengah patroli operasi Garda Hiu-21 dibawah Komando Guspurla Koarmada II. pada Selasa (30/03).

Kapal J.S Elcano merupakan kapal tiang tinggi terbesar ke-tiga di dunia yang diresmikan tahun 1928 dan saat ini masih dioperasikan untuk melatih ilmu kepelautan kadet-kadet Angkatan Laut Spanyol. 

Komandan KRI HBS-382 Letkol Laut (P) Hafidz mengatakan, “ Ditengah pelayaran menuju Jakarta dari Tidore saat melintas di laut Sulawesi ditengah kapal J.S Elcano berpapasan dengan KRI HBS-382 dan dilaksanakan passing dan komunikasi untuk menyampaikan ucapan selamat datang di Perairan Indonesia serta menginformasikan bahwa KRI HBS-382 sedang melaksanakan patroli untuk menjaga kedaulatan dan keamanan maritim Indonesia, serta siap sedia untuk memberikan bantuan apabila J.S. Elcano memiliki permasalahan selama transit di wilayah perairan Indonesia, ” ujarnya. 

“ Hal ini merupakan salah satu pengaplikasian fungsi diplomatis TNI AL selain muhibah dan partisipasi di regional/multilateral exercise. Sementara itu komandan J.S. Elcano secara langsung juga menyampaikan apresiasi yang sangat besar dan mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat dari TNI AL dalam hal ini KRI HBS-382, ”pungkas Letkol Hafidz.

Sementara itu ditempat terpisah, Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Raharjo, M.Tr(Han) mengatakan bahwa penyambutan dan pengamanan kepada kapal-kapal perang asing yang melintas di ZEEI merupakan bentuk pembinaan hubungan diplomasi dengan negara-negara lain sekaligus melaksanakan perintah Panglima Koarmada II Laksda TNI I N.G Sudhihartawan.

(Pen2).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "KRI Hasan Basri-382 Sambut Kapal Latih Angkatan Laut Spanyol “Juan Sebastian Elcano” Di Laut Sulawesi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel