-->

Kodiklatal Buka Empat Program Pendidikan Strata Perwira



Kodiklatal Surabaya, 8 Februari 2021 

Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) kembali membuka empat program Pendidikan yang diperuntukkan bagi para prajurit strata perwira. Pembukaan pendidikan yang diikuti 180 prajurit tersebut dipimpin langsung Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Laksda TNI Nurhidayat di gedung R Sudomo Pusat Latihan Operasi Laut (Puslatopsla) Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Senin, (8/2/2021).

Keempat program pendidikan tersebut adalah Pendidikan Lanjutan Perwira (Diklapa) TNI AL Angkatan ke-30 Ta 2021 yang diikuti 95 orang, Pendidikan Matra 1 diikuti 40 orang Pendidikan Aplikasi 1 diikuti 4 orang dan dan Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier (Dikmapa PK) Angkatan 27 B diikuti 42 orang.

Tampak hadir dalam pembukaan tersebut para pejabat utama Kodiklatal antara lain Wadan Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Lukman ST., M.Si (Han)., CHRMP, Komandan Kodikopsla Laksma TNI Eko Wahjono, para Direktur Kodiklatal, Inspektorat Kodiklatal, Kapokgadik, para Dankodik, Danpuslat jajaran Kodiklatal.

Acara diawali dengan pembukaan, penghormatan umum kepada Inspektur Upacara (Irup), laporan Komandan Upacara kepada Irup, pernyataan pembukaan pendidikan oleh Irup, penyematan tanda siswa kepada perwakilan, Laporan Danup dan diakhiri dengan penghormatan umum. Selesai acara pembukaan pendidikan dilanjutkan pembekalan Dankodiklatal di Auditorium Gedung R Sudomo.

Setelah pelaksanaan kegiatan Dankodiklatal Laksda TNI Nurhidayat menyampaikan bahwa pendidikan Diklapa yang akan dilaksanakan selama tujuh bulan bertujuan mendidik dan membekali perwira TNI/TNI AL menjadi prajurit pejuang sapta marga yang memiliki kesamaptaan jasmani serta profesionalisme matra laut, dengan pengetahuan taktis operasi dan manajerial staf. 

Sedangkan Dikmatra-1 yang akan dilaksanakan selama dua bulan dengan tujuan untuk memberikan pendidikan profesi matra laut bagi perwira yang telah mengikuti dikspespa di luar TNI Angkatan Laut, agar dapat melaksanakan tugas sebagai perwira divisi di KRI, Danki Batalyon, Kaur di Mabesal atau jabatan lain yang setingkat. 

Demikian pula Dikaplikasi-1 yang juga akan dilaksanakan dua bulan bertujuan untuk mendidik perwira siswa agar memiliki kemampuan administrasi umum, perencanaan umum, perbekalan dan pembinaan personel. Sedangkan Dikmapa yang selesai pendidikan di Akmil Magelang bertujuan untuk mendidik menjadi perwira TNI AL yang memiliki kemampuan profesi, kepemimpinan dan kesamaptaan jasmani prajurit matra laut yang mampu berpikir, bersikap dan bertindak sesuai dengan tuntutan organisasi dan dapat melaksanakan tugas sebagai perwira TNI Angkatan Laut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kodiklatal Buka Empat Program Pendidikan Strata Perwira"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel