-->

Personel TNI Wujudkan Kepedulian Kepada Warga Perbatasan Melalui Pengobatan Di Desa Asumanu




Kesadaran masyarakat perbatasan akan kesehatan masih perlu ditingkatkan kembali, dihadapkan dengan jarak tempat tinggal ke tempat pelayanan kesehatan cukup jauh dan memerlukan transportasi untuk menjangkaunya. Hal inilah yang membuat masyarakat enggan untuk memeriksakan kesehatannya ketika sedang sakit dan memilih untuk istirahat saja hingga kesehatannya pulih kembali. Padahal meskipun penyakit yang diderita tidak parah harusnya masyarakat tetap segera memeriksakan ke pelayanan kesehatan terdekat. Hal tersebut menjadi cambuk bagi Personel Satgas Pos Asumanu untuk segera melakukan tindakan dan lebih peduli lagi terhadap keadaan dan kesehatan warga perbatasan yang terjadi khususnya di Desa Asumanu. kecamatan Raihat Kabupaten Belu, NTT.

Hal ini disampaikan oleh Dansatgas Yonif RK 744/SYB Letkol Alfat Denny Andrian, dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Selasa (05/01/2021).

Dikatakannya, Pratu Mohamad Yoghi yang prihatin datang untuk memeriksa dan memberikan obat warga desa Asumanu yakni Nenek Maria Tahan (72) warga Dusun Ninluli Desa Asumanu yang mengeluhkan sakit kepala dan nyeri disertai tubuh meriang.

"Keterbatasan transportasi yang biasanya menjadi permasalahan bagi warga untuk pergi ke pelayanan kesehatan ketika mereka sakit." jelasnya

"Oleh karena itu dengan pengetahuan kesehatan yang dimiliki Pratu Mohamad Yogi, dapat diterapkan untuk menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat dengan membantu memeriksa dan memberikan obat yang sesuai dengan penyakit yang diderita," ungkapnya.

Terpisah, Pratu Mohamad Yogi mengatakan bahwa tujuan dilakukannya kegiatan sosial dalam bidang kesehatan tersebut adalah agar masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mudah dan penyakit yang diderita dapat segera tertangani. 

"Hal ini juga saya lakukan sebagai upaya dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesehatannya", tutur Yogi.

Pratu Mohamad Yogi selaku Personel Satgas Pos Asumanu bidang kesehatan datang ke rumah Nenek Maria kemudian menanyakan keluhan yang dialami dan melakukan beberapa pemeriksaan salah satunya yaitu memeriksa tekanan darah pasien. Nenek Maria diberikan obat dan vitamin. 

Pratu Mohamad Yogi juga menyarankan jika belum ada peningkatan kondisi harus diperiksakan ke dokter. 

Nenek Maria Tahan (72) mengucapkan terimakasih kepada Personel Satgas Pos Asumanu yang telah memberikan pelayanan kesehatan kepada dirinya.

"Saya senang bapak TNI mau datang ke rumah dan memeriksakan kesehatan saya." ujar Maria

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Personel TNI Wujudkan Kepedulian Kepada Warga Perbatasan Melalui Pengobatan Di Desa Asumanu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel