-->

TNI berpartisipasi dan melestarikan Tradisi Acara Adat Warga Perbatasan.



Dalam rangka Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB personil Pos Lookeu berpartisipasi dalam kegiatan tradisi acara adat untuk mengenang arwah leluhur dan untuk menjauhkan diri dari marabahaya sesuai kepercayaan adat yang diselenggarakan oleh masyarakat perbatasan yang bertempat di Desa Lookeu Kec. Tasifeto Barat Kab. Belu NTT.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif RK 744/SYB Letkol Inf Alfat Denny Andrian dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Minggu (6/12/2020).

Dikatakannya, Negara Indonesia terdiri dari beberapa keanekaragaman ras, suku dan etnis yang terbungkus rapi dalam ikatan “Bhinneka Tunggal Ika” menjadikan negara kita dikenal oleh dunia luar dengan keberagaman budayanya. 

"Dan salah satu acara adat yang sangat identik dengan wilayah Indonesia bagian timur adalah tradisi mengenang arwah para leluhur serta menjauhkan diri dari marabahaya yang menjadi ciri khas dari masyarakat NTT khususnya di daerah perbatasan RI-RDTL." jelasnya

Sebelum melaksanakan rangkaian kegiatan acara adat, beberapa warga desa Lookeu yang dipimpin oleh ketua adat Bapak Benediktus Sambojo (65) pekerjaan petani datang ke Pos Lookeu untuk meminta izin serta bantuan dalam mendampingi kegiatan acara adat kepada Danpos Lookeu Serka Athop Wichaksono, yang mana beberapa warga tersebut disambut dengan baik dan antusias oleh seluruh anggota Pos.

Setelah tokoh adat menyampaikan rangkaian kegiatan acara adat, Danpos Lookeu kemudian memerintah 4 (empat) orang personel Pos Lookeu yang dipimpin oleh Pratu Risman Hidayat untuk ikut dalam mendampingi serta mengamankan prosesi acara adat tersebut dari awal sampai dengan selesai.

"Acara adat ini dimaksudkan untuk mengenang arwah para leluhur kami, sekaligus kami meminta agar dijauhkan dari marabahaya dalam menjalani kehidupan sehari-hari. saya juga mengucapkan terima kasih atas bantuan dari bapak TNI sehingga seluruh prosesi acara adat kami berjalan dengan aman dan lancar." kata Benediktus.

TNI sebagai garda terdepan di perbatasan NKRI selain melaksanakan tugas pokoknya untuk menjaga kedaulatan negara juga berperan aktif dalam berbagai bidang kemasyarakatan termasuk dalam hal pelestarian adat istiadat. 

Danpos Lookeu Serka Athop Wicaksomo berharap, semoga kegiatan prosesi acara adat istiadat tersebut dapat menjadi momentum yang tepat untuk lebih mempererat ikatan persaudaraan antara prajurit TNI dengan masyarakat di daerah perbatasan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "TNI berpartisipasi dan melestarikan Tradisi Acara Adat Warga Perbatasan."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel