-->

TNI BANGUN GEREJA, MASYARAKAT KUFU TIDAK LAGI BERIBADAH DI BAWAH POHON




Abepura – TNI dari Korem 172/PWY melalui Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif MR 413/Bremoro melaksanakan kegiatan sosial dengan membangun sebuah gedung Gereja di Kampung Kufu, Distrik Arso Timur, Kab. Keerom, Papua dan telah diresmikan pada Sabtu siang, (19/12).

Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Izak Pangemanan menyampaikan bahwa Kampung Kufu adalah salah satu kampung yang terletak jauh di ujung perbatasan RI-PNG atau kurang lebih 3 Km dari kampung tersebut untuk mencapai perbatasan kedua negara. Kampung tersebut berdiri sejak 3 tahun yang lalu, dimana jarak yang jauh dari perkotaan dan jalan serta medan yang cukup sulit untuk menuju kampung tersebut.

“Kurang lebih dua bulan yang lalu, TNI dari Satgas Pamtas Yonif MR 413 Bremoro saat melakukan patroli pengamanan wilayah menemukan masyarakat ini dan kemudian melakukan pengobatan gratis dua hari setelahnya, sehingga masyarakat merasa senang karena sebelumnya belum ada instansi manapun yang datang ke kampung ini dan setelah itu masyarakat meminta untuk dibangunkan sebuah gedung gereja”, kata Izak di Jayapura, Minggu (20/12).

Sebelumnya, masyarakat dari kampung ini melakukan ibadah di bawah pohon, sebab jarak gereja terdekat ke Kampung New Sangke amat jauh.

“Dan sekarang kita buatkan gedung gereja agar masyarakat memiliki tempat yang layak untuk memuji Tuhan. Ini adalah kado natal dari TNI. Kemudian kita juga melaksanakan kegiatan Bakti Sosial dalam rangka menyambut perayaan Hari Natal serta dilaksanaan pembagian masker dan sosialisasi tentang protokol kesehatan Covid-19”, ujarnya.

Izak juga mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai salah satu wujud nyata dari Komitmen Korem 172/PWY dengan seluruh jajarannya dalam menjaga dan menyelesaikan konflik yang ada di Papua saat ini dengan hati dan pendekatan secara agama kepada masyarakat.

Dansatgas Pamtas Yonif MR 413 Bremoro Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto, S.H., M.Han. pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa selain melaksanakan tugas pengamanan wilayah perbatasan, salah satu tugas Satgas juga membantu masyarakat diwilayah Papua.

“Kami akan selalu siap membantu masyarakat apabila ada kesulitan, jangan sungkan-sungkan untuk datang ke Pos, anggap Pos kami sebagai saudara. Harapan kami juga agar masyarakat disini dapat meningkatkan keimanan kepada Tuhan dengan di bangunnya gereja ini, sehingga tanah Papua menjadi tanah yang di berkati Tuhan, tercipta damai, aman tentram dan sejahtera di tanah ini”, pungkasnya. 

Sementara itu salah satu tokoh pemuda dan penggerak kampung Kufu, Nikolas, menyampaikan terima kasih kepada TNI khususnya Satgas 413/Bremoro yang telah membangunkan sebuah gedung gereja termasuk dengan seluruh fasilitas untuk beribadah di dalamnya.

“Ini sangat berarti bagi kami masyarakat kampung Kufu di bulan kasih ini, kami semua bisa merayakan natal sendiri di gereja yang sudah ada dan tidak lagi harus di bawah pohon yang biasa kami lakukan”, tuturnya.

Pihaknya berharap agar hubungan kerjasama dan kekeluargaan yang telah terjalin saat ini dapat terus berlanjut. “Kami masyarakat kampung Kufu berharap agar Komandan Pos Skofro dapat tinggal lebih lama di sini bersama kami, karena kami sudah anggap seperti keluarga kami”, harapnya

Dalam kegiatan peresmian GKI Immanuel Bremoro Kampung Kufu tersebut ditandai dengan pemotongan pita oleh Bapak Lamber Saruna Sekertaris Klasis GKI Kab. Keerom, dan dilanjutkan dengan doa bersama serta Bakti Sosial pembagian sembako dan bingkisan Natal oleh Korem 172/Praja Wira Yakti.

Penrem172

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "TNI BANGUN GEREJA, MASYARAKAT KUFU TIDAK LAGI BERIBADAH DI BAWAH POHON"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel