-->

Satgas Operasi Bima Suci 20 Laksanakan Kompetisi MOB




TNI AL, Koarmada II, Laut Seram 11 Desember 2020

Hari kedua pelayaran etape ke-9 KRI Bima Suci yang sedang melintasi Laut Seram, Satgas Operasi Bima Suci (OBS) 20 menggelar kompetisi Man Over Board (MOB) atau yang dikenal dengan istilah orang jatuh di laut. Kompetisi ini digelar antar Divisi bagi para Taruna Tk.III angkatan ke-67 yang sedang melaksanakan Latihan Praktek Kartika Jala Krida 2020, Rabu (09/12/2020).

Komandan Satgas OBS 20 Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr. Hanla. yang berinisiatif menyelenggarakan  kompetisi (MOB) memerintahkan Perwira KRI Bima Suci dan Perwira Satuan Latihan KJK 2020 selaku Tim Penilai untuk melaksanakan penilaian materi MOB yang meliputi Kecepatan, Ketepatan, Keselamatan Kapal dan proses pertolongan kepada Korban.

Sebelumnya Komandan Satgas OBS memerintahkan prajurit KRI Bima Suci untuk mempraktekan peran MOB sebagai contoh bagi para Taruna yang dilanjutkan dengan penilaian kompetisi kepada masing-masing Divisi A, B dan C Taruna.

Komandan Satgas OBS 20 menerangkan "Dilaksanakannya kompetisi MOB bagi para Taruna/i ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pemahaman Taruna/i pada materi MOB yang diterima di kampus AAL dalam praktek dilapangan saat ini, selain itu diharapkan para Taruna mampu mengambil tindakan yang benar pada masing-masing peran sebagai calon Perwira KRI, setiap Taruna diuji kemampuannya sebagai Taruna Perwira Jaga (Tarpaga) yang mengendalikan pelaksanaan peran MOB, Taruna Pakom yang menyampaikan ke kapal-kapal lain disekitar kejadian mengenai jarak aman dan mengibarkan bendera isyarat orang jatuh di laut, Taruna Navigasi yang memploting posisi jatuhnya orang di laut dan Taruna sebagai Tim Kesehatan yang bertindak memberikan pertolongan pertama kepada korban", jelas Letkol Waluyo-sapaan Komandan Satgas OBS.

Lebih lanjut beliau menyampaikan "Kompetisi MOB ini digelar dalam rangka meningkatkan kemampuan Taruna sebagai upaya membentuk prajurit profesional sesuai   prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono tentang Pembangunan SDM TNI AL yang unggul dan penekanan Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M. untuk memberikan pelatihan yang optimal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan", imbuh Dansatgas OBS.

(KRI BSC)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Satgas Operasi Bima Suci 20 Laksanakan Kompetisi MOB"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel