-->

On Board di KAL Kadet Vll, Taruna AAL Tingkat ll Korps Pelaut Praktekan Navigasi 1




Surabaya (6/12).
Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat ll Angkatan ke-68 on board selama dua hari di Kapal Angkatan Laut (KAL) Kadet-Vll untuk melaksanakan latihan praktek materi Navigasi l di sekitar Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS).

"Ke-39 Taruna Korps Pelaut Tingkat ll ini, diberangkatkan ke KAL VIl yang sandar di dermaga Koarmada ll kemarin petang, setelah persiapan matang, mereka berlayar didampingi pelatih dan pengasuh untuk Lattek Navigasi l," terang Kepala Departeman Pelaut (Kadeppel) AAL Kolonel Laut (P) Maman Nurrachman, Minggu (6/12).
 
Kapal yang mulai digunakan tahun 2018 ini lanjutnya, merupakan salah satu kapal latih versi terbaru yang dimiliki Akademi Angkatan Laut, dengan Pgs Komandan , Mayor Laut (P) Hadhito Prayogo (lulusan AAL angkatan ke-53).

Dalam pelayaran kali ini, Taruna Tingkat ll ini didampingi langsung dengan mentornya yaitu Letda Laut (E/W) Indah Dwi Utami AAL 63 yang sehari-harinya menjabat sebagai Kadiv Lek KAL Kadet 7.

Setelah on board di KAL Kadet Vll, para taruna mendapat tugas untuk membuat rencana pernyataan pelayaran, membuat track APBS (Alur Pelayaran Barat Surabaya).

"Nah, disini mereka mulai dituntut untuk mengenal berbagai faktor yang mempengaruhi tugas tersebut antara lain; arus pasang surut, dan peta wilayah," terang Kadeppel.

Sementara itu Palaklat Lattek Navigasi l, Kapten Laut (P) Agung memberikan kepercayaan dan memotivasi agar Taruna bisa lebih mudah mengerti serta memahami tujuan dari Lattek Navigasi 1 ini. 

Dalam pembagian tugasnya lanjut Agung, para taruna diarahkan oleh Kapten Laut (P) Unggul F.W. sehingga diharapkan mereka bisa melaksanakan secara mandiri dan berkelompok, agar nantinya bisa diperoleh hasil evaluasi yang lebih obyektif.

Dalam metode tersebut terang Agung, diharapkan Taruna-Taruni bisa lebih terpacu, karena dari hasil evaluasi tugas-tugas kelompok inilah,  akan muncul nilai terbaik yang akan mendapat kesempatan pertama untuk bisa membawa KAL Kadet Vll berlayar dan bertempur.

Kabagpen AAL, Letkol Laut (KH) Rohman Arif, S.Sos

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "On Board di KAL Kadet Vll, Taruna AAL Tingkat ll Korps Pelaut Praktekan Navigasi 1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel