-->

Manfaatkan Kekayaan Alam Papua, Satgas Pamtas Yonif 312/KH Olah Tanaman Berkhasiat “Bajakah” Di Perbatasan




Keerom – Memanfaatkan kekayaan alam yang ada di tanah Papua, Pos Kotis Satgas Pamtas Yonif 312/Kala Hitam menemukan dan mengolah salah satu tanaman herbal berkhasiat “Bajakah” di Kampung Senggi, Distrik Senggi, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dankima Satgas Pamtas Yonif 312/KH Kapten Inf Puriadi Mardan dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua. Senin (30/11/2020).

Diungkapkan Puriadi tanaman bajakah berasal dari hutan Kalimantan ternyata juga terdapat di Papua, tanaman bajakah tengah menjadi perbincangan publik setelah khasiatnya diketahui mampu menyembuhkan penyakit kanker dan berbagai macam penyakit lainnya.

“Penemuan tanaman bajakah di kampung senggi ini berbekal pengalaman prajurit Satgas Pamtas Yonif 312/KH yang pernah melaksanakan pengamanan perbatasan di Kalimantan,” kata Puriadi.

“Dengan ini kami juga sekaligus mensosialisasikan kepada warga sekitar tentang khasiat tanaman bajakah yang baik untuk kesehatan, bahkan tidak mungkin akan bernilai ekonomi jika diolah dengan telaten dan serius,” tambah Puriadi.

Ditempat terpisah, Prada Salmon Towan Siba menjelaskan tanaman bajakah tumbuh di lahan gambut, sepintas pohon bajakah hampir mirip dengan tumbuhan lainnya yang berada di hutan, secara kasat mata tidak ada yang spesial sehingga membutuhkan kejelian dalam mencarinya. Tanaman bajakah bisa merambat pada ketinggian 5 meter lebih hingga ke puncak pohon lain yang dirambatinya.

“Cara mengolahnya cukup mudah dengan memotong tanaman bersulur bajakah kecil-kecil dan jemur sampai kering, kemudian potongan yang sudah kering tadi dicacah kembali dan direbus dengan air mendidih sampai berwarna kemerahan seperti teh lalu siap untuk diminum,” kata Salmon.


Autentikasi
Pen Satgas Yonif 312/Kala Hitam.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaatkan Kekayaan Alam Papua, Satgas Pamtas Yonif 312/KH Olah Tanaman Berkhasiat “Bajakah” Di Perbatasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel