-->

Kasal: Pegang Teguh Kode Etik Perwira Budhi Bhakti Wira Utama




Kodiklatal Surabaya, 21 Desember 2020

Kurang sehari lagi kalian akan di lantik menjadi Letnan Dua dalam prosesi Prasetya Perwira, oleh sebab itu jadilah Perwira TNI AL yang memahami kode etik Perwira yaitu Budhi Bhakti Wira dan Utama. Demikian disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M pada pembekalan kepada Siswa Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL Angkatan ke -50 Ta 2020 melalui Video Conference (Vicon) yang dilaksanakan di Gedung Graha Samudera Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Senin, (21/12/2020).

Hadir dalam pembekalan tersebut Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat dan para pejabat utama Kodiklatal antara lain Wadan Kodiklatal, para Direktur, para Komandan Kodik dan Puslat serta para Komandan Pusdik dijajan Kodiklatal. Pembekalan ini diikuti 331 Siswa Diktukpa angkatan ke-50 terdiri Korps Pelaut 66 orang korps Teknik 43  orang korps Elektro 19  orang korps Suply 43 orang korps Kesehatan 31 orang korps Marinir 86 orang korps KHusus 20 orang dan korps Polisi Militer PM 23 orang

Lebih lanjut disampaikan bahwa kode etik perwira Budhi yang berarti berbuat luhur bersendikan Ketuhanan Yang Maha Esa, membela kebenaran dan keadilan. Bhakti yang berarti mendukung cita cita nasional kemerdekaan dan kedaulatan Republik Indonesia, menjunjung tinggi kebudayaan serta setiap saat bersedia membela kepentingan nusa dan bangsa

Sedangkan  Wira yang berarti Ksatria yang memegang teguh kesetian dan ketaatan, berani bertanggung jawab atas tindakan dan menjadi pemimpin bagi bawahan dan Utama yang berarti penegak persaudaaraan dan peri kemausiaan, menjunjung tinggi nama dan kehormatan Korps Perwira.

Orang nomor satu  TNI AL ini juga menyampaikan bahwa pelantikan menjadi perwira merupakan momen istimewa perubahan status dari Bintara menjadi perwira. Perubahan ini menjadi prestasi yang membanggakan sekaligus harus disyukuri sebagai rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu momen ini hendaknya menjadikan perubahan pola pikir, pola sikap dan pola tindak sesuai dengan kode etik perwira TNI.


Menurutnya perwira juga merupakan leadership oleh sebab itu seorang leadership harus memiliki kompetensi yang unggul, menjadi teladan dan motivator anak buah, harus inovativ yang tidak terjebak dalam rutinitas, mudah beradaptasi terhadap perubahan, berani mengambil keputusan dan bertanggung jawab serta turun langsung kebawah untuk mengetahui permasalahan anak buah.

Kasal juga menyampaikan Semenjak memegang amanah menjadi Kasal prioritas utama dirinya adalah pembangunan Sumber Daya Manusia TNI Angkatan Laut yang unggul. Oleh sebab itu untuk mencapai tujuan tersebut perlu peran serta keluarga, salah satunya dengan membina keluarga yang harmonis merupakan salah satu kunci sukses karier sorang Perwira. Pembangunan SDM ini termasuk dalam sembilan prioritas pembangunan Kasal. 

Adapun lulusan Diktukpa ini kedepan akan diprioritaskan untuk memenuhi DSP Satuan operasi KRI KAL dan organisasi baru, sehubungan dengan penempatan tugas yang baru agar segera beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru. Selain  itu agar meningkatkan profesionalisme, dedikasi dan loyalitas serta mempelajarai tugas dan tanggung jawab sesuai Job description.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kasal: Pegang Teguh Kode Etik Perwira Budhi Bhakti Wira Utama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel