-->

Diakhir Semester Ganjil, Taruna AAL Tingkat ll Jalani Ujian Kesegaran Jasmani




Surabaya, (4/12).

Menjelang akhir Sementer Ganjil, sebanyak 69 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat ll Angkatan ke-68 Korps Teknik, Elektronika, Suplai dan Marinir menjalani Ujian Kesegaran Jasmani (Garjas), yang digelar di Stadion Jala Krida Mandala, Kesatrian AAL, Bumimoro,  Surabaya, Jum’at, (4/11).

Tepat pukul 06.00, Taruna-Taruni Tingkat II ini telah siap di garis start lintasan Stadion Jala Krida Mandala, setelah sebelumnya dipastikan kesehatannya dengan cek suhu tubuh, tensi darah dan persiapan lainnya.

Ketika pluit ditiup petugas lintasan, seketika mereka melesat mengelilingi lintasan stadion selama 12 menit sesuai waktu yang disiapkan untuk Tes Garjas Batrai A. 

Menurut Kepala Departemen Jasmani (Kadepjas) AAL Kolonel Marinir Drs. Sonny Kunila, materi Garjas ini menjadi parameter, sejauh mana pembinaan fisik yang telah dilakukan Taruna-Taruni AAL Tingkat II selama satu semester ini.  

Ia menambahkan, materi Garjas menjadi salah satu aspek yang menentukan bagi para Taruna. Materi ini juga akan selalu menempel dalam setiap perjalanan dinas seorang prajurit, mulai dari proses rekrutmen prajurit, persyaratan bagi kenaikan pangkat, persyaratan mengikuti pendidikan dan Garjas reguler satu tahun dua kali.

“Oleh karena itu, materi Garjas ini perlu dilakukan pembinaan secara bertahap dan berlanjut dengan pembinaan yang terukur, sehingga menghasilkan out put yang baik, yakni Taruna yang sehat dan memiliki tingkat kesamaptaan yang tinggi,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa dalam pelaksananaan tes Garjas ini, setiap Taruna harus melaksanakan tahapan tes antara lain Batrai A yakni Lari selama 12 menit minimal menempuh jarak 2,7 Km.

Kemudian dilanjutkan Batrai B berupa test Pull up minimal 8 kali, Sit up minimal 27, Push up minimal 27, Shuttle run minimal 19,2 detik, secara berlanjut dari materi satu ke materi lainnya.

Sedangkan untuk test Garjas bagi Taruni yakni Lari selama 12 menit minimal menempuh jarak 2,2 Km, tarik badan minmal 44 kali, Sit up minimal 33, Push up minimal 18, Shuttle run minimal 21,1 detik. Dari hasil test secara keseluruhan Taruna-Taruni dapat melaksanakan semua tahapan test dengan penuh semangat serta hasil baik.

"Taruna yang memiliki tingkat Garjas yang baik, juga mencerminkan kesehatan tubuhnya, kedisiplinan dalam mengatur pola hidup untuk tetap sehat yang pada akhirnya berdampak pada semangat dan kejuangan dalam menjalankan tugas pendidikan di AAL," terangnya.

Tampak hadir Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E, Dirdik AAL Kolonel Laut (P) Kemas M Ikhwan Madani, Dirpers AAL Kolonel Laut (KH/W) Tresna Kusumawati, Dirlog AAL Kolonel Laut (T) Jusep Wildan, Komandan Resimen AAL Kolonel Laut (P) Arief Budiman, Kaopsjar Kolonel Marinir Muharam A. Fauzi dan Kadepmar AAL Kolonel Marinir Teddy Yulianda Bakri.

Kabagpen AAL,
Letkol Laut (KH) Rohman Arif, S.Sos.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Diakhir Semester Ganjil, Taruna AAL Tingkat ll Jalani Ujian Kesegaran Jasmani"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel