-->

Taruna AAL Satlat Jalayudha Kibarkan Merah Putih di Suar Karang Unarang Ambalat




Sebatik (19/11).
Perwakilan Taruna Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat IV Angkatan ke-66 yang tengah melaksanakan Latihan Praktek Pelayaran Jalayudha on board di KRI Karel Satsuit Tubun(KST) - 356 melakukan pengibaran Bendera Merah Putih di Suar Karang Unarang, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara kemarin.

Hal tersebut dikatakan Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Latihan Praktek Jalayudha 2020, Mayor Laut (P) Eko Triyatomo yang juga on board di KRI KST-356 bersama staf latihan dan 30 Taruna Taruni Tingkat lV Angkatan ke-66. 

Menurut Eko - sapaan akrab Palaklat Jalayudha 2020 yang juga Danyon lll Resimen AAL ini mengatakan bahwa Taruna AAL yang on board di KRI KST-365  dan KRI Diponegoro(DPN) - 365 yang sedang melaksanakan Operasi Perisai Sakti - 20, di Bawah Kendali Operasi (BKO) Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada II ini, mendapat  kesempatan langka dan sangat berharga mengibarkan bendera merah putih di atas Suar Karang Unarang. 

Setelah KRI KST- 356 dan KRI DPN-365 lego jangkar di perairan sebatik lanjut Eko, pada pukul 05.30 Wita, KRI melaksanakan peran sekoci yang akan membawa taruna untuk persiapan pelaksanaan penaikan bendera di Suar Karang Unarang. 

Kemudian pada pukul 06.30 s.d 07.30 WITA perwakilan Taruna/ni TK IV angk 66 peserta Lattek Jalayudha 2020 on board di KRI KST-356 dan DPN-365 melaksanakan penaikan bendera Merah putih di Suar Karang Unarang, Ambalat yang berada di Laut Sulawesi dengan koordinat 04° 00′ 38″ LU, 118° 04′ 58″ BT sebelah Tenggara Pulau Sebatik.

Tampak tergambar jelas semangat yang ditunjukkan para taruna AAL Angkatan ke-66 ini mulai dari proses peran sekoci yang diluncurkan dari KRI KST dan DPN. Beberapa sekoci ini berputar mengelilingi suar sebelum merapat dan para calon perwira TNI AL ini naik ke atas Suar Karang Uanarang.

Pelaksanaan penaikan bendera di Suar ini tambah Eko, dilakukan empat orang Taruna,  mengingat terbatasnya tempat. Sementara lainnya berada di sekoci mengelilingi suar. Proses penaikan bendera berlangsung hikmat dan lancar.

“Dengan membawa langsung para Taruna Calon pemimpin TNI AL/TNI bangsa dan negara ini, diharapkan semakin menebalkan semangat patriotisme untuk menjaga, merawat dan mempertahankan kedaulatan NKRI,” terangnya.   

Usai pengibaran bendera, pada pukul 14.00 Wita KRI KST-356 sandar di dermaga Sei Nyamuk dan KRI DPN-365 sandar di dermaga Sei Pancang, Sebatik yang disambut  Mayor Arm Moh Bakri (Danramil Sebatik), Kapten Salim (Danki Satgas 623/BWU), Lettu Mar Adam (Dansatgasmar 26), Danposal Sei Nyamuk dan Danposal  Sei Pancang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Taruna AAL Satlat Jalayudha Kibarkan Merah Putih di Suar Karang Unarang Ambalat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel