-->

Pangdam bersama Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari Resmikan Sanggar Seni Kreasi "Mankobon" Kampung Sapokren, Raja Ampat




Raja Ampat. kasuari18 – Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han) bersama Ketua Persit KCK PD XVIII/Kasuari, Ny. Ade Nyoman Cantiasa, didampingi Irdam XVIII/Ksr, Brigjen TNI Steverly C. Parengkuan, Kapoksahli Pangdam XVIII/Ksr, Brigjen TNI Drajad Brima Yoga, S.I.P., M.H, Danrem 181/PVT, Brigjen TNI Indra Heri, dan beberapa pejabat Kodam XVIII/Kasuari dan Korem 181/PVT serta Dandim 1805/Raja Ampat dan Kapolres Raja Ampat, Kamis (5/11/2020) meresmikan Sanggar Seni Kreasi "Mankobon" yang berada di Kampung Sapokren, Distrik Waigeo Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. 

 Peresmian Sanggar Seni Kreasi "Mankobon" di Kampung Sapokren ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan kunjungan kerja Pangdam XVIII/Kasuari ke wilayah tugas Kodim 1805/Raja Ampat.

“Dalam kesempatan itu Pangdam XVIII/Ksr beserta rombongan disambut oleh masyarakat Kampung Sapokren dengan Prosesi adat "Injak Piring dan pengalungan Selendang Kain Timur". Selanjutnya dengan diiringi tarian adat, Pangdam dan Ibu Ketua Persit KCK beserta rombongan berjalan kaki menuju ke perkampungan,” ungkapnya.

Peresmian sanggar seni ini ditandai dengan pengguntingan pita sebagai pembuka kain selubung papan nama "Sanggar Seni Kreasi Mankobon" Kampung Sapokren, dilanjutkan dengan penandatanganan Prasasti. Ketua Persit KCK PD XVIII/Kasuari dalam kegiatan ini juga melakukan pengguntingan pita sebagai tanda pembuka pintu gedung sanggar seni kreasi tersebut.

“Sanggar Seni Kreasi 'Mankobon' Kampung Sapokren ini  merupakan binaan Babinsa Koramil 1805-01/Saonek, Sertu Bagus Teguh dan sementara gedung yang dibangun merupakan hasil kegiatan Bakti Sosial anggota Kodim 1805/Raja Ampat yang diprakarsai oleh Dandim 1805/Raja Ampat, Letkol Inf Paulus Kaiba".

Dalam acara peresmian tersebut, Pangdam XVIII/Ksr menyampaikan rasa harunya atas antusiasme warga masyarakat dalam mendukung Sanggar Seni Kreasi "Mankobon" yang menjadi binaan Babinsa di Kodim 1805/Raja Ampat. Hal ini terlihat dari bagaimana anak-anak sanggar begitu mahir dan hafal dalam menyanyikan  lagu "Mars Kodam XVIII/Kasuari dan Mars Babinsa" tanpa teks dengan diiringi musik tradisional yang terbuat dari bambu.

“Selain itu Pangdam dan Ibu Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Ksr beserta rombongan merasa kagum karena anak-anak Sanggar Seni Kreasi "Mankobon" Kampung Sapokren ini hanya berlatih selama 2 Minggu, tapi hasilnya sungguh luar biasa. Berkaitan hal tersebut, Pangdam XVIII/Ksr berkenan memberikan uang pembinaan dan memberikan bantuan Sembako untuk masyarakat Kampung Sapokren, sebagai ucapan terima kasih, dengan disertai harapan agar budaya masyarakat Raja Ampat tetap dipelihara dan dilestarikan agar tidak punah dari masa ke masa".

(Pendam XVIII/Ksr)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pangdam bersama Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari Resmikan Sanggar Seni Kreasi "Mankobon" Kampung Sapokren, Raja Ampat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel