-->

Asah Keterampilan, Taruna AAL Korps Pelaut Tingkat II Lattek Komunikasi Isyarat




Surabaya, (23/11).

Untuk mengasah keterampilan dan profesionalisme calon prajurit Matra Laut, 43 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lI Angkatan ke-68 melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) Komunikasi Isyarat tahun 2020 yang upacara pembukaannya dilangsungkan di gedung Bawean, Departemen Pelaut AAL, Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya, Senin (23/11).

Lattek Komunikasi Isyarat dibuka secara resmi oleh Kepala Mimbar Latihan Pelaut Departemen Pelaut Akademi Angkatan Laut (Kama Latpel Deppel AAL) Mayor Laut (P) Khairul Anwar mewakili Kadeppel AAL Kolonel Laut (P) Maman Nurachman ditandai dengan penyematan tanda peserta latihan kepada perwakilan Taruna. 

Sesuai jadwal Lattek ini dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal hari ini hingga 27 Nopember 2020 mendatang didampingi empat instruktur bertempat di gedung Bawean, Deppel AAL.

Dalam amanat tertulis yang dibacakan Kama Latpel, Kadeppel AAL mengatakan bahwa Lattek ini dilaksanakan sebagai bagian dari proses pendidikan untuk penyiapan sumber daya manusia perwira TNI AL khususnya Korps Pelaut dengan kegiatan mempraktekkan secara langsung teori-teori yang telah diterima oleh Taruna, sehingga Taruna akan lebih memahami materi sesuai bidang keilmuan yang telah diajarkan. 

Kadeppel menekankan kepada para Taruna peserta Lattek, agar memahami bahwa ilmu yang didapatkan selama pelaksanaan Lattek dijadikan bekal nantinya saat berdinas sebagai Perwira Pelaut di KRI atau di tempat penugasan lainnya.

“Oleh karena itu para Taruna harus betul-betul memanfaatkan kegiatan Lattek ini dalam upaya memupuk kemampuannya, sebab pemahaman keilmuan dan kemampuan merupakan salah satu kunci suksesnya para Taruna saat nanti berdinas di TNI Angkatan Laut,” jelasnya.

Lebih lanjut Kadeppel menambahkan bahwa tujuan Lattek Komunikasi Isyarat bagi Taruna Korps Pelaut Tingkat II adalah agar memiliki keterampilan tentang cara berkomunikasi menggunakan semaphore, morse, lampu (flash light) dan bendera isyarat armada dan internasional, sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kedinasan untuk melaksanakan tugas sebagai Perwira Divisi Navigasi dan Komunikasi KRI.

Pelaksanaan Lattek kali ini, lanjutnya, masih dalam situasi pandemi Covid-19, untuk itu selama pelaksanaan kegiatan supaya semua peserta Lattek, instruktur dan staf latihan selalu mematuhi protokol kesehatan, yakni menggunakan masker dengan benar, menjaga jarak dan mencuci tangan agar kita semua terhindar dari terpapar penyakit yang saat ini masih mewabah.

Kabagpen AAL,
Letkol Laut (KH) Rohman Arif, S.Sos.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Asah Keterampilan, Taruna AAL Korps Pelaut Tingkat II Lattek Komunikasi Isyarat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel