-->

Tugas di Lokasi TMMD Reguler Brebes, Babinsa Bumiayu Tetap Dampingi Pelayanan Belkaga




Brebes – Sibuk mempublikasikan kegiatan TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes dan juga potensi masyarakat dan SDA Desa Kalinusu Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Sertu Joko Erwanto, salah satu Babinsa Koramil 08 Bumiayu, yang ditugaskan sebagai anggota tim publikasi TMMD, menyempatkan diri membantu PKD (Puskesmas Desa) Lestari Kalinusu, saat pemberian obat pencegahan kaki gajah/filariasis.

Tampak dirinya membantu administrasi pendataan warga setempat yang belum dan sudah diberikan obat filariasis, di ruang PKD Lestari Kalinusu, yang terletak satu pagar dengan Balai Desa Kalinusu. Senin (19/10/2020).

Disampaikan Bidan I Desa Kalinusu, PKD Lestari Kalinusu, Zahrotul Atiqoh (44), bahwa pihaknya mengapresiasi kepedulian TNI dalam pendampingan kegiatan Bulan Eliminasi penyakit Kaki Gajah (Belkaga), yang dilangsungkan kali ini di Bulan Oktober 2020.

“Kami juga dibantu TNI untuk menertibkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan, yaitu cuci tangan sebelum masuk ke PKD, dan memakai masker,” ujarnya.

Dijelaskannya lanjut, program pemerintah mencegah kaki gajah tahun ini bertepatan dengan pandemi covid, sehingga mekanisme pemberian bantuan Belkaga juga disesuaikan dengan protokol kesehatan guna mencegah penularan covid.

“Di Desa Kalinusu sendiri, ini merupakan yang keempat kalinya sejak tahun 2017 lalu, yang dilaksanakan setiap Bulan Oktober,” sambungnya.

Utuk obatnya sendiri adalah dukungan dari Puskesmas Kaliwadas, Desa Kaliwadas, Bumiayu, yang merupakan tetangga Desa Kalinusu.

Untuk sasarannya adalah 5.371 orang dari total jumlah penduduk 8.448 jiwa dari 2.664 kepala keluarga, mulai dari anak umur 2 tahun sampai dewasa 70 tahun, dengan jenis obat tablet DEC (Diethylcarbamazine) 100 mg dan Albendazole 400 mg.

Dijelaskannya lanjut, untuk orang dewasa disarankan diminum di rumah pada waktu sebelum tidur, karena efek dari tablet DEC dan Albendazole adalah mudah mengantuk. Sedangkan untuk mekanisme pemberian langsung kepada anak-anak, adalah dengan minum ditempat, dengan menggunakan sendok plastik sekali pakai dan langsung dibuang. (Aan)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tugas di Lokasi TMMD Reguler Brebes, Babinsa Bumiayu Tetap Dampingi Pelayanan Belkaga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel