-->

Taruna AAL Satlat KJK 2020 Dilibatkan dalam Tiger Exercise




Selat Malaka, (24/10).

Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lll Angkatan ke-67 yang tergabung dalam Satuan Latihan Kartika Jala Krida (SatlatKJK) 2020 dengan KRl Bima Suci dilibatkan dalam Tiger Exercise yang digelar Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada l di Selat Malaka,  Sabtu (24/10)

Latihan kali ini dipimpin langsung oleh Komandan Guskamla Koarmada I Laksma TNI Yayan Sofiyan, S.T. dan melibatkan empat unsur KRI, yaitu KRI Bima Suci-945, KRI Lemadang-632, KRI Barakuda-633, KRI Kerambit-627 dan pesawat udara jenis Cassa MPA NC 212-200 Skuadron 800 Wing Udara 1 Puspenerbal.

Menurut Palaklat KJK 2020, Letkol Laut (P) Aris Dianto, M.Han, latihan ini berlangsung dalam beberapa serial antara lain Air Joining Procedure (AJP), ManEx, Flaghoist, Flashex, PhotoEx dan Boardex.

Salah satu latihan gabungan dibawah Guskamla Koarmada I yang melibatkan beberapa KRI dan pesawat udara yang membentuk beberapa formasi tempur di laut yang dikomandoi oleh OCS ( Officer Conducting Serial) yang ditunjuk yaitu Komandan KRI Kerambit-627.

Pada kesempatan latihan ini formasi dibentuk menyerupai cakar macan, dengan disposisi unsur KRI Lemadang-632 diposisi paling depan kemudian dibelakangnya KRI Bima Suci-945 sebelah kanannya KRI Kerambit-627 dan lambung kiri KRI Barakuda-633 serta melintas pesawat udara mengelilingi formasi melakukan PhotoEx dengan pengambilan gambar dari atas.

Dalam formasi Tiger ini  dilaksanakan latihan Flaghoist dan FlashEx dimana para Taruna melakukan komunikasi isyarat dengan mengirim dan menerima berita menggunakan Lampu Flash dan bendera isyarat serta semaphore.

"Selain itu Taruna mengaplikasikan bagaimana cara membongkar serta mengirimkan berita taktis," terang Palaklat. 

Latihan selanjutnya, adalah BoardEx. Disimulasikan KRI Bima Suci-945 dibajak oleh kawanan perompak, tim VBSS (Visitting Board Search and Seizure) dari ketiga KRI gelar unsur Guskamla Koarmada I dengan sigap dan cepat melaks penyelamatan dan pengambil alihan kapal yang dikuasi oleh perompak tersebut.

Tujuan dari latihan ini adalah untuk memberikan gambaran kepada Taruna tentang latihan-latihan yang dilaksanakan oleh KRI dalam rangka menjaga kemampuan dan naluri tempur dari prajurit TNI AL sehingga siap sedia mempertahankan keamanan NKRl, serta meningkatkan Naval Presence di perairan Selat Malaka.

Latihan yang dilaksanakan Taruna AAL di KRI Bima Suci-945 ini diawasi langsung oleh Dansatgas OBS Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr. Hanla, Palaklat KJK 2020, Letkol Laut (P) Aris Dianto, M.Han, Pasopslat KJK 2020 Mayor Laut (P) Hengky Irawan Yudhistira, S.E. beserta Perwira KRI BSC dan Satlat KJK 2020.

Kabagpen AAL,
Letkol Laut (KH) Rohman Arif, S.Sos.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Taruna AAL Satlat KJK 2020 Dilibatkan dalam Tiger Exercise"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel