-->

Semangat, Taruna AAL Kembangkan Layar KRI Bima Suci




Surabaya, (1/10).

Sebanyak 85 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lll Angkatan ke-67 yang tengah mengikuti Pelayaran Kartika Jala Krida (KJK) tahun 2020, tampak bersemangat membuka dan mengembangkan layar KRI Bima Suci dalam Peran Layar,  Kamis (1/10).

"Meski ditengah terik matahari dan kencangnya angin Samudera Hindia, Peran Layar di rute pertama Surabaya-Lampung dilakukan dengan disiplin, senang hati dan gembira oleh para Taruna," terang Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) KJK 2020 Letkol Laut (P) Aris Dianto, M. Han.

Pada kesempatan ini lanjutnya,  Taruna diberi kesempatan untuk mencoba mengembangkan layar,  Taruna bisa mempraktekkan pelajaran yang diperoleh sekaligus merasakan bagaimana situasi dan kondisi saat melaksanakan Peran Layar ini.
 
Peran Layar terangnya, adalah satu kegiatan untuk menyeimbangkan KRI Bima Suci dan menambah kecepatan laju KRI.

Menurutnya, sebelum mereka melaksanakan Peran Layar, terlebih dahulu  diberikan teori dan prosedur tentang pengembangan Layar.

Prosedurnya adalah melihat angin yang tepat, kemudian Perwira Jaga menyampaikan kepada Pos Komando Bahari (Kadepsenbah) memerintahkan kepada Bostman/kepala tiang untuk menyiapkan personel dan peralatannya yang diperlukan untuk mengembangkan layar.

Sementara dari anjungan kapal, akan meneriakkan Peran Layar sebanyak tiga kali, setelah itu seluruh personel akan menempati pos tempurnya masing-masing.

Sebagai Bostman/kepala tiang langsung memerintahkan anggotanya mengembangkan layar dengan melihat posisi arah angin dari lambung kanan dan memerintahkan tali Daman kiri ditarik penuh supaya layar terkembang bagus.

Setelah layar terkembang sempurna, Bostman melaporkan kembali ke Pos Komando Bahari (Kadepsenbah) bahwa layar telah terkembang sempurna, kemudian Pos Komando Bahari memerintahkan rapikan tali- tali dengan simpul tali.

Peran layar diawasi langsung oleh Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M. Tr. Hanla, Palaklat KJK 2020 Letkol Laut (P) Aris Dianto, M. Han., Perwira Staflat dan Perwira KRI Bima Suci lainnya.

Kabagpen AAL,
Letkol Laut (KH) Rohman Arif, S.Sos.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Semangat, Taruna AAL Kembangkan Layar KRI Bima Suci"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel