-->

PEMBERDAYAAN FORUM KEWASPADAAN DINI MASYARAKAT (FKDM) TINGKAT KELURAHAN DI KECAMATAN WIROBRAJAN



YOGYAKARTA, - Kewaspadaan dini masyarakat adalah kondisi kepekaan, kesiagaan dan antisipasi masyarakat dalam menghadapi potensi dan indikasi timbulnya bencana, baik bencana perang, bencana alam, maupun bencana karena ulah manusia.

Komandan Koramil 10/Wirobrajan Kodim 0734/Kota Yogyakarta Kapten Arh Suryadi melaksanakan Rapat Pembentuka Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) bersama Kepala FKDM Kota Yogyakarta Bapak Dwi Sukamto, Camat Wirobrajan, dan Kapolsek Wirobrajan.Kamis (17/09/2020)

Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat yang selanjutnya disingkat FKDM adalah wadah bagi elemen masyarakat yang dibentuk dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat.

Ketua FKDM kota Yogyakarta Bapak Dwi Sukamto menyampaikan, Pembentukan FKDM ini berdasarkan Permendagri No. 46 Tahun 2019 dengan susunan kepengurusan FKDM tingkat Kelurahan 5 orang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris dan Dua Anggota.

"Kepengurusan disarankan diambil dari tokoh masyarakat, Toga, Toda, Tokoh budaya dan Akademisi."jelasnya. 

Pada kesempatan yang sama Komandan Koramil 10/Wirobrajan juga mengungkapkan, Pembentukan FKDM sangat penting, karena FKDM berfungsi mengidentifikasi penyebab-penyebab terjadinya bencana dan potensi timbulnya konflik yang menganggu ketentraman dan ketertiban masyarakat. Mengantisipasi meluasnya kemungkinan akibat yang ditimbulkan oleh bencana ataupun eskalasi kekerasan dalam konflik."jelas Kapten Arh Suryadi. 

"Meminimalisir jatuhnya korban baik kerugian harta benda, maupun korban jiwa di masyarakat akibat bencana alam ataupun bencana yang dilakukan manusia, memberikan rasa aman kepada masyarakat."tambahnya. 

FKDM bersinergi dengan aparat agar masyarakat melakukan deteksi dini, dan cegah dini /temu cepat dan lapor cepat terhadap potensi-potensi yang akan menimbulkan konflik, sehingga ancaman dan gangguan terhadap stabilitas keamanan dan kondusifitas di wilayah dapat tetap terjaga.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PEMBERDAYAAN FORUM KEWASPADAAN DINI MASYARAKAT (FKDM) TINGKAT KELURAHAN DI KECAMATAN WIROBRAJAN "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel