-->

Langsir Batu Estafet Satgas TMMD Reguler Brebes Diadopsi Warga Kalinusu




Brebes – Edukasi langsir batu estafet yang diterapkan oleh Satgas TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, di lokasi pembangunan talud di kanan kiri jalan TMMD antar dusun (Karanganyar-Kedung Kandri), di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, telah menginspirasi warga setempat dalam melakukan pekerjaan kerja bakti.

Tampak warga Dusun Karanganyar, Desa Kalinusu, melaksanakan kerja bakti di rumah Wahyudin (33), Dusun Karanganyar RT. 02 RW. 01. Mereka terlihat kompak tanpa dikomandoi anggota Satgas TMMD dalam langsir genteng sistem estafet. Rabu (30/9/2020).

Dibenarkan Kepala Dusun Karanganyar, Mukhsinin (41), bahwa warganya itu menerapkan kembali sistem tersebut karena mulai dibiasakan anggota Satgas TMMD saat pekerjaan pembangunan talud dengan 2,7 kilometer dengan tinggi 0,5-1 meter, di jalan TMMD.

“Cara kerja seperti ini kini menjadi acuan kembali bagi warga kami karena hasilnya memang lebih efisien menghemat tenaga dan mempercepat serta memperingan pekerjaan,” bebernya.

Mukhsinin juga mengapresiasi Satgas TMMD yang mencoba menghidupkan kembali budaya gotong-royong masyarakat Kalinusu.

Terpisah diutarakan Danramil 08 Bumiayu, Kapten Armed Jupriadi, bahwa budaya gotong royong sistem itu memang dari dulu merupakan ciri khas masyarakat, dimana kehadiran TNI di tengah-tengah mereka hanya untuk memoles atau menyuburkannya kembali.

Menurutnya, inilah salah satu keberhasilan TMMD dalam menciptakan kemanunggalan TNI-Rakyat, sinergi dengan Polri dan Apem serta Ormas, untuk bersama-sama memajukan Brebes mulai dari pinggiran. (Aan)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Langsir Batu Estafet Satgas TMMD Reguler Brebes Diadopsi Warga Kalinusu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel