-->

Danrem 071 Wijayakusuma : Jalan TMMD Modal Dasar Pengembangan Wisata di Kalinusu Brebes




Brebes – Danrem 071 Wijayakusuma, Kolonel Infanteri Dwi Lagan Safrudin, S.I.P, mengapresiasi terobosan yang dilakukan Pemkab Brebes, terkait pengembangan potensi wisata di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, guna mendongkrak PAD (Pendapatan Asli Daerah).

Itu disampaikannya saat meninjau langsung lokasi pembukaan jalan baru melalui TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, di Kalinusu, tepatnya di tanah bengkok gabungan 5 desa (Kalilangkap, Kalisumur, Pamijen, Kaliwadas, dan Kalinusu) atau di titik 1 kilometer jalan TMMD. Selasa (22/9/2020).

Selaku PKP (Penanggungjawab Keberhasilan Pelaksanaan) TMMD Reguler di jajaran Korem 071 Wijayakusuma, dirinya menilai jalan yang direncanakan dibuka sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter itu, awalnya akan membuka keterisoliran salah satu dusun di Kalinusu, yaitu Kedung Kandri, dan kemudian akan dilanjutkan menuju satu dusun lainnya yang juga terisolasi dari Kalinusu, yaitu Dusun Maribaya.

“Jalan TMMD ini juga akan menjadikan tanah bengkok gabungan 5 desa seluas 35 hektar yang terletak di wilayah Desa Kalinusu akan dikelola menjadi agrowisata pertanian terpadu. Ini jelas akan meningkatkan Pades (Pendapatan Asli Desa) dari masing-masing desa itu,” bebernya.

Dikatakannya lanjut, Pemkab Brebes juga akan berupaya membuka jalan kembali dari pertengahan jalan TMMD, mulai dari tanah bengkok menuju Dusun Maribaya sepanjang kurang lebih 4 kilometer, dan harapannya dilakukan melalui karya bakti TNI.

Menurutnya, itu jelas merupakan kebanggaan bagi TNI karena dedikasi di dalam membantu Pemda membangun desa tertinggal infrastruktur diakui manfaatnya.

Ditambahkannya, TMMD atau karya bakti TNI pastinya membangun daerah yang sulit dengan anggaran terbatas. Namun keberhasilan TNI karena mampu merangkul segenap pihak untuk membantu mensukseskannya, termasuk masyarakat setempat.

Untuk diketahui, potensi wisata di Dusun Maribaya dimaksud adalah Eduwisata Padang Penggembalaan Ternak Sapi Jabres Maribaya, Agrowisata Pertanian Terpadu Maribaya, dan juga wisata offroad dengan medan melewati sungai dan hutan belantara. (Aan)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Danrem 071 Wijayakusuma : Jalan TMMD Modal Dasar Pengembangan Wisata di Kalinusu Brebes"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel