-->

Untuk Ketahanan Pangan Hadapi Wabah Covid-19, Ketua Umum Dharma Pertiwi Daerah P Bagikan Benih Tanaman Sayuran




Manokwari. kasuari18 - Melalui penyebarannya yang begitu cepat, Virus Corona (Covid-19) telah meluas di berbagai belahan dunia dan membawa dampak yang  negatif, tanpa terkecuali di negeri yang kita cintai bersama, Indonesia. 34 Provinsi di Indonesia semua terjangkit Virus Corona dan terimbas dampaknya. Hal ini sangatlah memungkinkan akan membawa dampak terhadap ketahanan pangan, karena wabah virus ini telah membatasi kegiatan sektor produksi dan distribusi bahan-bahan pangan sampai dengan konsumen.

Demikian diungkapkan Ketua Umum Dharma Pertiwi Daerah P, Ny. Retno Ali Hamdan Bogra dalam sambutannya saat penyerahan benih tanaman sayuran kepada semua unsur di jajaran Dharma Pertiwi Daerah P, dalam rangka ketahanan pangan masyarakat untuk menghadapi wabah Covid-19, Rabu (17/6/2020) di Markas Komando (Mako) Yonif 761/Kibibor Akinting, Manokwari, Papua Barat.

Lebih lanjut dikatakan, untuk menjawab persoalan pangan bukan hanya tanggungjawab petani sebagai garda terdepan, namun kita harus ikut berpartisipasi aktif sehingga ketersediaan pangan dapat tercukupi untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. Untuk itu, sebagai salah satu organisasi kemasyarakatan yang besar, Dharma Pertiwi mengajak semua jajarannya untuk menanam sayur-sayuran di lahan sekitar.

“Selain itu, kegiatan yang kita lakukan ini sangatlah penting dan sejalan dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2002 tentang ketahanan pangan, dimana ketahanan pangan merupakan hal yang sangat penting dalam rangka pembangunan nasional guna membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas, mandiri, dan sejahtera melalui ketersediaan pangan yang cukup, aman, bermutu, bergizi, dan beragam, serta tersebar merata di seluruh wilayah Indonesia dan terjangkau oleh daya beli masyarakat,” kata Ny. Retno Ali Hamdan Bogra.

Lebih lanjut dikatakan, mengingat pentingnya ketahanan pangan ini terutama dalam kondisi pandemi Covid-19, maka Dharma Pertiwi Daerah P menerima 80 paket benih tanaman sayuran dari Dharma Pertiwi Pusat dan mendistribusikan kepada unsur-unsurnya dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan bagi anggota Dharma Pertiwi beserta keluarganya di masa pandemi covid 19. 

“Benih tanaman sayuran tersebut tidak harus ditanam di lahan yang luas. Benih dapat ditanam di pekarangan rumah dan lingkungan sekitarnya sehingga dapat menjadikan pekarangan sebagai kawasan rumah pangan lestari," ucapnya.

"Guna memotivasi anggota Dharma Pertiwi, maka akan diadakan lomba dan penilaian terhadap pengelolaan pekarangan yang terbaik dan kreatif dalam budidaya tanaman sayuran,” sambungnya.

Diakhir sambutannya, istri dari Pangdam XVIII/Kasuari tersebut mengharapkan kepada seluruh anggota Dharma Pertiwi Daerah P agar selalu mengisi waktu di rumah dengan memanfaatkan lahan tidur di sekitar untuk menanam kebutuhan pangan sehari-hari sebagai upaya ketahanan pangan dan menambah penghasilan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan. 

“Dalam situasi pandemi Covid-19 ini, jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19, dengan selalu menggunakan masker, cuci tangan secara benar, jaga jarak perorangan minimal 1 meter, dan makan makanan yang bergizi, serta selalu mendekatkan diri dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar terhindar dari penularan Covid 19 dan selalu diberikan kesehatan,” tutup Ny. Retno dalam sambutannya.

Usai penyerahan benih sacara simbolis oleh Ketua Dharma Pertiwi Daerah P, dilanjutkan dengan penanaman benih sayuran.

Adapun unsur di jajaran Dharma Pertiwi Daerah P yang mendapatkan benih sayuran ini adalah Jalasenastri Daerah Armada III (20 paket), Persit KCK Koorcab Rem 181 PD XVIII/Kasuari (30 paket), Persit KCK Ranting BS VI Denzipur 13 Sorong (10 paket), dan Persit KCK Cabang XLV Yonif 761 Warmare (20 paket).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Untuk Ketahanan Pangan Hadapi Wabah Covid-19, Ketua Umum Dharma Pertiwi Daerah P Bagikan Benih Tanaman Sayuran "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel