-->

Irdam XVIII/Kasuari Buka Sosialisasi Binwasrik TA. 2020




Manokwari. kasuari18-
Inspektur Kodam (Irdam) XVIII/Kasuari Brigjen TNI Steverly C. Parengkuan secara resmi membuka dimulainya kegiatan Sosialisasi Pembinaan Pengawasan dan Pemeriksaan (Binwasrik) Triwulan II Tahun Anggaran 2020 di lingkungan Kodam XVIII/Kasuari, Kamis (4/6/2020) bertempat di Aula Makodam XVIII/Kasuari, Arfai I, Manokwari, Papua Barat.

"Kegiatan sosialisasi hari ini adalah salah satu Program Kerja (Progja) Inspektorat Kodam (Itdam) XVIII/Kasuari pada TA. 2020, yang merupakan kegiatan penting dan strategis dalam rangka mendukung pelaksanaan Progja Kodam XVIII/Kasuari secara tertib, efisien, ekonomis, transparan, dan bertanggung jawab, sesuai dengan prinsip dan ketentuan dalam perundang-undangan, serta meminimalisir terjadinya penyalahgunaan anggaran, wewenang, dan jabatan," kata Irdam dalam sambutannya.

Tujuan Binwasrik, lanjutnya adalah untuk memelihara dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta sebagai pejabat urusan administrasi satuan/bagian, guna mendukung tertib administrasi pertanggungjawaban keuangan (Wabku) di satuan jajaran Kodam XVIII/Kasuari.

"Sasarannya adalah memahami tentang mekanisme pelaksanaan anggaran belanja negara di lingkungan Kemhan dan TNI. Memahami tentang kelengkapan Wabku, Memahami tentang mekanisme penerbitan otoritas Dipa Daerah, dan agar kita memahami tentang biaya perjalanan dinas dalam negeri di lingkungan TNI AD," ujar Brigjen Steverly.

Tujuan lain Binwasrik tersebut, menurutnya agar para peserta dapat memahami tentang kodifikasi segmen akun pada bagan akun standar, aspek Hukum Militer dalam sanksi administrasi, dan tentang fungsi mau pun guna gratifikasi.

Sosialisasi Binwasrik ini diikuti 27 orang Perwira yang membidangi bidang Anggaran, Pembinaan Pengawasan dan Pemeriksaan Inspektorat di Satuan Jajaran (Satjar) Kodam XVIII/Kasuari. 

Pada kesempatan ini, Irdam XVIII/Kasuari juga menyampaikan pesan untuk dipedomani dalam pelaksanaan tugas.

“Untuk mewujudkan tertib administrasi, khususnya Itdam XVIII/Kasuari selaku Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) internal jajaran Kodam XVIII/Kasuari agar membina, mencegah membenahi, meluruskan, dan mengarahkan, serta menegakkan norma/ketentuan sesuai peraturan yang berlaku dalam rangka mewujudkan Kodam XVIII/Kasuari yang bersih dan berwibawa, sehingga terwujud peningkatan kinerja dan tertib administrasi keuangan untuk mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI,” kata Brigjen TNI Steverly C. Parengkuan.

Pemateri dalam kegiatan Sosialisasi Binwasrik kali ini adalah pejabat Irdiyalog Kodam Mayor Inf S.M. Kambaren, S.E. (materi Gratifikasi Binwasrik), Kasi TUUD Kumdam Mayor Ckm Hendri (materi Aspek Hukum), Kasidalku Kudam Kpt Cku Hasyim Billah dan Paku Bekangdam Lettu Cku Dana Prayoga (materi pelaksanaan Anggaran dan Wabku Kodam XVIII/Kasuari).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Irdam XVIII/Kasuari Buka Sosialisasi Binwasrik TA. 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel