-->

Gubernur Kalbar Lepas Babinsa Distribusikan Sembako untuk Masyarakat Terdampak Covid-19




Kubu Raya, Kamis (14/5/20) - Dalam rangka membantu Pemerintah mengatasi dampak sosial yang ditimbulkan oleh adanya pandemi Covid-19, Kodam XII/Tanjungpura membagikan paket sembako kepada warga terdampak Covid-19 di wilayah Kota Pontianak dan Kubu Raya. Penyaluran bantuan sosial menerjunkan para Bintara Pembina Desa (Babinsa). Pendistribusian dilepas oleh Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., didampingi Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dan Wakapolda Kalbar, Brigjen Pol Imam Sugianto di halaman Makodam XII/Tpr.

Dengan menggunakan sebanyak 24 sepeda motor, 6 Tosa dan 3 mobil dinas Danramil, para Babinsa akan menyalurkan bantuan berupa paket sembako kepada masyarakat. Total bansos yang disalurkan sebanyak 5.500 paket sembako.

Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., dalam acara menyampaikan bahwa jajaran Kodam XII/Tpr akan menyisir atau membagikan sembako pada masyarakat yang membutuhkan dalam suasana kita masih melakukan hal-hal upaya percepatan penanganan dampak Covid-19. 

Ia berharap dengan penyisiran-penyisiran untuk masyarakat yang membutuhkan sembako ini bisa meredam kegelisahan masyarakat. Dikatakannya bahwa Pemerintah terus berupaya untuk melakukan penyisiran bagi mereka yang sangat-sangat membutuhkan.

"Mudah-mudahan apa yang dilakukan oleh Kodam XII/Tpr hari ini dengan armada motor dan gerobaknya ini bisa masuk di gang-gang. Dan saya yakin yang disampaikan ini pasti akan menyasar rumah tangga-rumah tangga yang memang sangat membutuhkan," harapnya.

Selanjutnya atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, orang nomor satu di Kalbar ini mengucapkan terima kasih kepada Kodam XII/Tpr yang telah berupaya untuk membantu masyarakat.

"Khususnya ke Pak Pangdam yang sudah berinisiatif untuk melakukan penyisiran masyarakat kita yang membutuhkan sembako. Mudah-mudahan ini akan dilakukan di seluruh Kalbar dan hari ini di Kubu Raya dan Pontianak," ucapnya.

Sedangkan Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengatakan, bahwa Kodam XII/Tpr telah menyiapkan sebanyak 5.500 paket sembako untuk wilayah Pontianak dan Kubu Raya. Disebutkan, untuk pelaksanaan pendistribusianya dilaksanakan berangsur-angsur, mulai hari ini. Kemudian untuk sasaran sudah di tinjau dan disurvei. 

"Merupakan sasaran-sasaran terpilih yang diharapkan ini bisa membantu warga Pontianak dan Kubu Raya yang sangat membutuhkan. Untuk penyalurannya dengan door to door oleh petugas dari TNI dan Polri," ujarnya.

Selanjutnya mengatakan selain membagikan sembako, dalam rangka mendukung strategi pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19 Kodam XxII/Tpr telah melaksanakan kegiatan, diantaranya adalah melaksanakan penanganan kesehatan kemudian jaring pengaman sosial dan ekonomi. 

Untuk jaring pengaman sosial yang dilakukan adalah mendukung pendistribusian beras yang sudah dilaksanakan mulai tanggal 16 April lalu. Dimana saat ini sudah hampir 100% yang belum adalah beberapa titik di wilayah Kubu Raya, Kapuas Hulu dan Bengkayang.

Kedua disamping untuk mendukung pendistribusian beras, Kodam XII/Tpr dan Polda Kalbar juga membantu melalui dapur umum memberikan nasi kotak kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 di Pontianak dan Kubu Raya. 

"Kita bagikan kepada nelayan, ojol, dan mungkin ada beberapa yang kena PHK inilah sasaran yang kita berikan nasi kotak. Distribusi nasi kotak tiap hari kita menyiapkan 2000 nasi kotak dengan sasaran terpilih," ujar Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Selanjutnya menyampaikan Kodam XII/Tpr juga membantu dan mendukung pemerintah melalui rumah sakit - rumah sakit yang dimiliki oleh Kodam XII/Tpr. Diantaranya Rumah Sakit Kartika Husada di Pontianak, Rumah Sakit Tingkat IV Singkawang, Rumah Sakit Tingkat IV Sintang dan Rumah Sakit Tingkat IV Palangka Raya.

"Semua rumah sakit ini sudah dipersiapkan untuk mendukung rumah sakit pemerintah. Saat ini rumah sakit jajaran Kodam juga menampung yang positif maupun yang PDP dan ODP. Untuk di Pontianak alhamdulilah sudah sembuh, semua bisa kembali ke lingkungannya," tutupnya. (Pendam XII/Tpr)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gubernur Kalbar Lepas Babinsa Distribusikan Sembako untuk Masyarakat Terdampak Covid-19"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel