-->

Upacara Alih Komando Pengendalian 4 Kodim dirangkai Sertijab Danrem 091/ASN dan Korem 101/ANT Naik Type




BALIKPAPAN- Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto memimpin serah terima jabatan Komandan Korema  091/Aji Surya Natakesuma (ASN) dan Komandan Korem  101/Antasari (ANT)
bertempat di Aula Makodam VI/Mulawarman, Selasa (21/4/2020).

Pelaksanaan serahterima jabatan dilaksanakan secara sederhana mengikuti protocol Covid-19 sehingga hanya dihadiri beberapa orang perwakilan pejabat Kodam VI/Mulawarman (Mlw). 

Jabatan Komandan Korem yang diserahterimakan hari ini adalah Brigjen TNI Widi Prasetijono kepada Kolonel Inf Cahyo Suryo Putro yang akan menjabat sebagai Komandan Korem 091/Aji Surya Natakesuma yang baru. 

Bersamaan dengan itu juga dilaksanakan penyerahan jabatan Komandan Korem 101/Antasari dari Kolonel Inf M. Syech Ismed S.E., M Han kepada Kolonel Inf Firmansyah. Prosesi serah terima jabatan ditandai dengan penandatanganan Pakta Integritas dan Berita Acara Serah terima di hadapan Pangdam VI/Mulawarman.  

Kegiatan tersebut diakhiri dengan tradisi penerimaan pejabat baru dan pelepasan pejabat baru melalui prosesi penciuman Patakan Kodam VI/Santima Canta menandai pengabdian sebagai prajurit di Kodam VI/Mulawarman di mulai dengan tantangan tugas yang terbentang luas.

Penciuman Pataka bagi pejabat lama memberikan makna bahwa mereka akan selalu dikenang sebagai prajurit Kodam VI/Mulawarman dimana pun mereka akan bertugas nantinya.

Korem 091/Asn akan dikepalai oleh Kolonel Inf Cahyo Suryo Putro yang merupakan perwira abituren Akmil tahun 1989 yang sebelumnya pernah berdinas di Kodam VI/Mulawarman sehingga wilayah dan situasi tugas bukan menjadi tempat yang asing bagi beliau. Dalam kesempatan ramah tamah dan perkenalan singkat, Pangdam memberikan ucapan Selamat atas promosi jabatan kepada Brigjen TNI Widi Prasetijono yang akan menjabat sebagai Kasdam VI/Diponegoro  serta Kolonel Inf Kolonel Inf M. Syech Ismed S.E., M.Han   yang  menjadi Danrem ……………… Dalam kesempatan tersebut juga memperkenalkan diri pejabat baru Danrem 092/Maharajalila  Kolonel Inf Suratno yang akan bertugas mengawaki Korem 092/Mahrajalila yang menjadi garda terdepan personel TNI AD di wilayah Propinsi Kalimantan Utara. Ditambahkan oleh Pangdam , pada hari ini kita bukan melepas pejabat yang keluar dari Kodam akan tetapi kita mengantarkan pejabat yang akan menempati jabatan baru di luar Kodam VI/Mlw.  

Dalam kesempatan tersebut Kapendam VI/Mlw Kolonel Kav Dino Martino mengatakan bahwa serah terima jabatan Danrem ini, merupakan bagian dari dinamika pembinaan personil dalam rangka tour of duty dan tour of area serta pembinaan satuan yang dilakukan secara berkesinambungan agar kinerja satuan dapat tercapai lebih optimal terutama berkaitan dengan penyiapan wilayah Kalimantan Timur menjadi Ibu Kota Negara yang baru. 

“Selain itu, ditinjau dari segi pembinaan satuan, mutasi jabatan yang ditandai dengan kegiatan sertijab ini, akan memberikan gairah semangat pembaharuan dan semangat untuk terus maju, baik bagi pejabat bersangkutan maupun anggota yang dipimpinnya,” kata Kapendam. 

Pergantian pejabat Komandan Korem 091/Asn yang dilaksanakan pada hari ini terlihat berbeda seperti sebelum-sebelumnya karena dalam pelaksanaannya tetap mematuhi aturan protocol pencegahan Covid-19 sehingga para pejabat yang melaksanakan serahterima menggunakan masker kain bercorak loreng TNI dan menggunakan sarung tangan. Tidak ada pelaksanaan Salam Komando yang menjadi tradisi diganti menjadi Salam Mulawarman dengan mengepalkan tangan dengan mematuhi jaga jarak  untuk mencegah penyebaran Virus Covid 19. 

Sebelum pelaksanaan serahterima jabatan, dilakukan upacara alih komando pengendalian 4 Kodim jajaran Korem 091/Asn yang diserahkan komando dan pengendaliannya kepada Korem 092/Maharajalila.Serta Kodal pelaksanaan tugas Pengamanan Perbatasan menjadi berada di bawah kendali Korem 092/Maharajalila yang akan berkantor di Kabupaten Bulungan sebagai garda pengaman terdepan di wilayah Perbatasan.

Sumber Pendam VI/Mulawarman

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Upacara Alih Komando Pengendalian 4 Kodim dirangkai Sertijab Danrem 091/ASN dan Korem 101/ANT Naik Type"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel