-->

Pangdam XII/Tpr : Satuan Harus Siap Hadapi Kontinjensi




Kubu Raya, Selasa (7/4/20) - Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memimpin rapat koordinasi dengan para Komandan Satuan jajaran Kodam XII/Tpr. Rapat digelar melalui Video Conference di Ruang Rapat Puskodalopsdam XII/Tpr. Rapat ini salah satunya membahas tentang kesiapan satuan dalam menghadapi wabah Covid-19.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menegaskan kepada para Dansat jajaran untuk tetap menjaga serta memelihara kemampuan satuan. Merebaknya virus corona akhir-akhir ini jangan sampai satuan jajaran Kodam XII/Tpr lengah sehingga tidak siap menghadapi kontinjensi. 

"Jaga kemampuan moril prajurit sehingga selalu siap menghadapi kontinjensi," tegasnya.

Untuk itu Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menekankan kepada para Dansat untuk mengatur di satuannya terkait dengan adanya kebijakan melakukan Physical Distancing. Dalam hal ini Kodam XII/Tpr telah mewajibkan setiap personel untuk selalu menggunakan kaca mata, masker dan hand sanitizer apabila melaksanakan kegiatan di luar ruangan.

"Virus corona ini menyerang melalui mata hidung dan mulut, untuk itu kita tekankan dari awal untuk personel agar menggunakan masker dan kaca mata dan hand sanitizer," katanya.

"Memang hal ini tidak nyaman tetapi ini harus digunakan, sebagai upaya kita untuk melindungi diri," tambah Pangdam.

Menurutnya upaya preventif harus dilakukan, karena saat ini banyak ditemukan orang yang dinyatakan positif Covid-19 dengan tidak disertai dengan gejala (Orang Tanpa Gejala) seperti batuk, pilek, demam dan panas.

"Para komandan satuan untuk selalu mengingatkan personel serta keluarganya di satuan untuk menggunakan masker. Ini salah satu upaya kita untuk mengurangi penularan dari orang lain," tukasnya.

Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad juga meminta kepada seluruh satuan jajaran Kodam XII/Tpr untuk menyiapkan personel yang memiliki kemampuan di bidang kesehatan.

"Agar mulai saat ini dilatihkan apabila sewaktu - waktu diperlukan oleh Mabesad untuk tenaga medis, Kodam XII/Tpr sudah siap," pintanya.

Selanjutnya Pangdam XII/Tpr juga menekankan kepada Dansat untuk menyiapkan di satuannya masing-masing logistik bekal pokok masing-masing personel. Hal ini guna untuk mengantisipasi kontinjensi. 

"Untuk logistik bergerak agar disiapkan disatuan, hal ini untuk mengantisipasi kontinjensi. Karena kontijensi kita tidak pernah tahu untuk itu agar disiapkan," pungkasnya. (Pendam XII/Tpr)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pangdam XII/Tpr : Satuan Harus Siap Hadapi Kontinjensi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel