-->

BUPATI TOLITOLI MENGINGATKAN KEJADIAN GAWAT DARURAT KAPAN SAJA BISA TERJADI




Public Safety Center (PSC) 119 yang digagas oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli diresmikan pengoperasiannya oleh Bupati Tolitoli yang diwwkili Sekretaris Daerah Drs. Hi. Mukaddis Syamsuddin, M.Si di Halaman Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli pada Kamis pagi (12/3).
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli Drs Bakri Idrus Apt.,MM melaporkan latar belakang terbentuknya public safety center PSC 119 Kabupaten Tolitoli sebagai bentuk tugas dan tanggung jawab Dinkes Tolitoli terhadap Instruksi Presiden Nomor 4 tahun 2013 dan Peraturam Menteri Kesehatan Nomor 19 tahun 2016 tentang Sistem Penanggulangan Kegawatdaruratan Terpadu. 
Pembentukan dan pengembangan Pos Pelayanan Kegawatdaruratan Terpadu PSC 119 diharapkan dapat menjamin respon cepat dan tepat untuk mencegah kecacatan dan menyelamatkan nyawa. ATujuan di bentuknya PSC 119 adalah meningkatkan mutu dan akses mutu pelayanan kegawatdaruratan, mempercepat waktu dan penanganan atau respon tim korban pasien kegawatdaruratan dan menurunkan angka kematian dan kecacatan. 
Bakri Idrus juga melaporkan bahwa dalam pelaksanaan PSC 119 selain sumber daya manusia pengelola yang telah ditetapkan dengan Surat Keputusan Bupati Tolitoli, PSC 119 memiliki sarana dan presarana gedung, mobil ambulan PSC 119 dan sarana komunikasi lainnya yang masih sangat terbatas. Namun dalam pelaksanaannya PSC 119 mendapat dukungan dari berbagai komponen dengan tersedianya 15 Unit Pelaksana Teknis Puskesmas dan 72 Puskesmas Pembantu yang tersebar di desa-desa, Rumah Sakit Hj Siti Zubaidah Bantilan Malala, RSUD Mokopodo Tolitoli dan fasilitas masyarakat lainnya.
Bupati Tolitoli dalam sambutan tertulisnya yang di bacakan Sekertaris Daerah Drs HI. Mukaddis Syamsuddin. M.Si mengatakan salah satu program pemerintah yang sejalan dengan agenda ke lima nawacita yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. maka dalam perjalanannya, Kementerian Kesehatan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat, salah satu caranya adalah melalui sistem penanggulangan gawat darurat terpadu atau SPGDT.
Bupati mengingatkan bahwa kejadian gawat darurat kapan saja bisa terjadi, sehingga Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli berkomitmen menyediakan PSC ini, agar kejadian gawat darurat dapat segera ditangani.
Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala P2KT Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah Alvina A Deli. SKm.,Msi, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Asisten dan Staf Ahli Bupati, jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli, sejumlah Kepala Perangkat Daerah dan Pimpinan Unit Kerja terkait di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli.

Reporter : *AMALIA SYAHRULLAH*
Foto : *REZI SANJAYA*
(Tim Liputan Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "BUPATI TOLITOLI MENGINGATKAN KEJADIAN GAWAT DARURAT KAPAN SAJA BISA TERJADI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel